Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Monday, 5 December 2011

Mengenal Perangkat Jaringan Kabel (Network)

Sebelum anda membangun sebuah jaringan (network) di rumah, universitas maupun kantor, sebaiknya terlebih dahulu anda mengetahui dan memahami peralatan atau perangkat yang akan anda gunakan. Untuk itu saya akan memberikan penjelasan mengenai pengertian dan fungsi masing-masing perangkat jaringan tersebut. 

1. Wired LAN Adapters adalah perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya menggunakan kabel data jaringan (network). NIC atau sering disebut Network Interface Card biasanya dihubungkan ke slot PCI maupun ISA pada motherboard, namun saat ini setiap motherboard sudah terintegrasi dengan perangkat tersebut. 
  
Gambar NIC (EN-9235TX-32)
Gambar USB 2.0 Fast Ethernet Adapter  (EU-4208)
2. Wireless Card & USB Adapter adalah perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya menggunakan koneksi nirkabel (wireless). Walaupun Wireless Card & USB Adapter sama-sama merupakan perangkat wireless client, namun ada perbedaan penghubungannya ke komputer. Wireless Card dihubungkan ke slot PCI pada motherboard, sedangkan USB Adapter dihubungkan ke port USB.

Gambar Wireless Card (EW-7711In)
Gambar Wireless USB Adapter (EW-7722UTn V2)
3. Ethernet Hub adalah alat untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet bersama-sama dan membuat mereka bertindak sebagai segmen jaringan tunggal. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) dari OSI model. Perangkat tersebut adalah bentuk repeater multiport. Hub Repeater juga berpartisipasi dalam pendeteksi tabrakan, forwarding jam signal untuk semua port jika terdeteksi adanya tabrakan.
Beberapa Hub ada yang dilengkapi dengan konektor BNC maupun  Attachment Unit Interface (AUI)  untuk memungkinkan koneksi ke segmen jaringan 10BASE2 atau 10BASE5. Dengan murahnya harga switch jaringan yang diberikan sebagian besar hub model lama tetapi alat tersebut masih terlihat dalam instalasi yang terdahulu dan lebih dikhususkan untuk aplikasi tertentu. 

Gambar Ethernet Hub

4. Network switch atau switching hub adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan. Istilah ini umumnya mengacu pada sebuah jembatan multi-port jaringan yang proses dan rute data pada layer data link (layer 2) dari OSI model. Switch selain itu juga memproses data pada layer jaringan (Layer 3) dan di atas sering disebut sebagai switch lapisan 3 atau multilayer switch. Switch Ethernet pertama diperkenalkan oleh Kalpana pada tahun 1990.
Switch jaringan berperan pada bagian integral dalam Ethernet paling modern local area network (LAN). LAN ukuran menengah ke atas terdiri dari sejumlah switch yang dikelola bersamaan. Aplikasi Small Office/Home Office (SOHO) biasanya menggunakan switch tunggal,tujuannya mengumpulkan perangkat residental gateway untuk mengakses layanan broadband di kantor/rumah seperti DSL atau internet kabel.

Gambar Network Switch (ES-5808G)
5. Router adalah sebuah alat yang meneruskan paket data antara komputer jaringan, menciptakan overlay internetwork. Router terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan yang berbeda. Ketika paket data masuk pada salah satu jalur, router membaca informasi alamat di paket untuk menentukan tujuan akhir. Kemudian, itu menggunakan informasi di tabel routing atau routing policy, lalu mengarahkan paket ke jaringan berikutnya pada perjalanannya. Router melakukan fungsi "mengarahkan lalu lintas" di Internet. Paket data biasanya diteruskan dari router satu sama lain melalui jaringan yang merupakan internetwork sampai sampai ke node tujuan yang dituju.

Jenis router yang awam kita ketahui adalah router di rumah dan kantor yang hanya  meneruskan data, seperti halaman web dan email antara komputer rumah dan pemilik kabel atau DSL modem, yang terhubung ke Internet Service Provider (ISP). Namun router yang lebih canggih biasanya berasal dari perusahaan router, yang menghubungkan bisnis besar atau ISP jaringan menuju router inti berkekautan besar yang meneruskan data kecepatan tinggi sepanjang jalur serat optik Internet backbone.
Gambar ADSL Modem Router (AR-7186WnB)
Gambar Broadband Router (BR-6675nD)

0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam