Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Monday, 23 January 2012

Apakah Yang Dimaksud Dengan HTML, XHTML, CSS dan Web Fonts


HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) adalah dua teknologi inti untuk membangun halaman Web. HTML menyediakan struktur halaman, CSS (visual dan aural) tata letak, untuk berbagai perangkat. Seiring dengan grafis dan scripting , HTML dan CSS dasar membangun halaman Web dan Aplikasi Web . Pelajari lebih lanjut di bawah ini tentang:

Apa itu HTML?
HTML adalah bahasa untuk mendeskripsikan struktur halaman Web. HTML memberikan penulis sarana untuk: 
- Mempublikasikan dokumen online dengan judul, teks, tabel, daftar, foto, dll.
- Mengambil informasi online melalui link hypertext, dengan klik tombol. 
- Desain bentuk untuk melakukan transaksi dengan layanan jarak jauh, untuk 
  digunakan dalam mencari informasi, melakukan pemesanan, pemesanan  
  produk, dll.
- Menyertakan lembaran, klip video, klip suara, dan aplikasi lainnya 
  secara langsung dalam dokumen mereka. 

Dengan HTML, penulis menggambarkan struktur halaman menggunakan markup. Para elemen dari potongan-potongan bahasa label konten seperti, paragraf, daftar, tabel dan seterusnya.

Apakah XHTML?
XHTML adalah varian dari HTML yang menggunakan sintaks XML (Extensible Markup Language). XHTML memiliki elemen yang sama (untuk paragraf, dll) sebagai varian HTML, tetapi sintaks yang sedikit berbeda. Karena XHTML merupakan aplikasi XML, Anda dapat menggunakan alat XML lainnya dengan itu (seperti XSLT, bahasa untuk mengubah konten XML).

Apa itu CSS?
CSS adalah bahasa untuk menjelaskan presentasi halaman Web, termasuk warna, tata letak, dan font. Hal ini memungkinkan seseorang untuk beradaptasi presentasi ke berbagai jenis perangkat, seperti layar besar, layar kecil, atau pencetakan. CSS adalah independen dari HTML dan dapat digunakan dengan bahasa markup berbasis XML. Pemisahan dari HTML dari CSS membuat lebih mudah untuk menjaga situs, berbagi style sheet di halaman, dan halaman khusus untuk lingkungan yang berbeda. Hal ini disebut sebagai pemisahan struktur (isi) dari presentasi.

Apa itu Webfonts?
Webfonts adalah teknologi yang memungkinkan orang untuk menggunakan font pada permintaan melalui Web tanpa memerlukan instalasi di sistem operasi. W3C memiliki pengalaman dalam font download melalui HTML, CSS2 dan SVG. Sampai saat ini, font didownload belum umum di Web karena kurangnya format font yang interoperable. Upaya Webfonts rencana ke alamat tersebut melalui penciptaan industri-format yang didukung, open font untuk Web (disebut "WOFF").

Contoh
Contoh yang sangat sederhana berikut dari bagian dari sebuah dokumen HTML menggambarkan bagaimana untuk membuat link dalam sebuah paragraf. Ketika ditampilkan di layar (atau oleh speech synthesizer), teks link akan "laporan akhir"; ketika seseorang mengaktifkan link tersebut, browser akan mengambil sumber daya diidentifikasi oleh "http://www.example.com/report" :

<p class="moreinfo">For more information see the
<a href="http://www.example.com/report">final report</a>.</p>


Kelas atribut pada tag awal paragraf ("<p>") dapat digunakan, antara lain, untuk menambah gaya. Sebagai contoh, untuk huruf miring teks dari semua paragraf dengan kelas "moreinfo," orang bisa menulis, dalam CSS:

p.moreinfo {font-style: italic}

Dengan menempatkan aturan bahwa dalam file terpisah, gaya dapat dibagi oleh sejumlah dokumen HTML.

sumber : w3.org

0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam