Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 17 June 2012

Alasan Mengapa Kamera IP Penting Bagi Keamanan Rumah atau Bisnis Anda

(picture source : http://monitoring.telkomspeedy.com)
Saat ini kamera ip atau kamera network bukanlah barang baru di Indonesia dan dengan hadirnya berbagai merek ternama membuat persaingan begitu ketat. Banyak orang beranggapan produk teknologi tersebut masih relatif mahal. Namun Edimax hadir memperkenalkan produk kamera ip dan memberikan solusi dengan harga yang kompetitif tentunya. Untuk mengetahui harga silahkan cek di http://www.edimaxstore.com dan untuk membeli langsung ke reseller silahkan cek di sini.

Belakangan ini, edimax telah bekerjasama dengan Speedy Home Monitoring (SHM). Speedy Home Monitoring memungkinkan Anda untuk menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Oleh karenanya layanan ini dapat Anda nikmati dengan menggunakan jaringan Speedy. Anda dapat mengakses hasil monitoring dari kamera Anda melalui web browser. Tidak hanya itu saja, pengaturan masing-masing IP Camera juga dapat dilakukan melalui web browser. SHM menyediakan media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga Anda hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai "Alasan Mengapa Kamera IP Penting Bagi Keamanan Rumah atau Bisnis Anda" silahkan baca dengan klik di sini.

Beberapa keuntungan menggunakan kamera ip :
1. Anda dapat mengakses langsung melalui internet atau mobile phone. 
Yang perlu anda lakukan yaitu berlangganan internet, melakukan konfigurasi router, melakukan  konfigurasi di kamera ip dan mengakses kamera ip dengan menginstal aplikasi di mobile phone atau bisa juga melalui browser. Berbeda dengan kamera analog, jika anda ingin mengakses dari internet anda perlu membeli perangkat video server atau DVR untuk dapat melihat (monitoring) kamera tersebut.

2. Anda dapat melakukan recording (merekam aktifitas) kamera ip dari rumah atau kantor.
Sebagai contoh kasus, jika anda memasang kamera ip di kantor yang telah terhubung dengan koneksi internet. Maka anda dapat merekam aktifitas kamera ip tersebut dari rumah atau sebaliknya dengan menggunakan software utilities yang terdapat dipaketnya. 

3. Tempat penyimpanan (storage) untuk hasil rekaman lebih fleksibel dan aman.
Hal ini terkait dengan marak pencurian dan pembobolan sebuah rumah atau kantor, pada umumnya diikuti dengan pengrusakan kamera dan tempat penyimpanan hasil rekamannya. Namun dengan metode rekaman yang tidak tersentralisasi ini akan lebih aman karena walaupun kamera dirusak tapi rekaman pelaku maupun tidakan para pelaku kejahatan tersebut sudah terekam di tempat lain.

4. Resolusi video bisa diatur sesuai dengan kecepatan upload koneksi internet.
Salah satu hal yang masih banyak belum diketahui oleh orang awam adalah mengenai koneksi internet. Jika anda menggunakan kamera ip dan hendak mengakses via internet, maka yang anda butuhkan adalah upload speed lebih besar dari download speed. Sebagai contoh, jika anda memiliki koneksi internet dengan kecepatan 1 Mbps yang diberikan ISP, maka cek terlebih dahulu kecepatan upload dan download anda di http://speedtest.net. Untuk memasang 1 unit kamera ip dengan resolusi video 320x240, fps :15 (frame per second) dan image video menggunakan mjpeg, maka setidaknya anda memerlukan upload speed berkisar antara 100-125kbps. Untuk itu, resolusi video haruslah disesuaikan dengan seberapa besar upload speed anda. Semakin besar upload speed anda, maka semakin besar pula resolusi video yang dapat digunakan. Jika resolusi anda besar maka akan berpengaruh pada kualitas gambar rekaman dari kamera ip anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan akan saya lanjutkan kembali dengan materi lainnya. Jika anda ingin mengikuti training khusus untuk pemahaman mengenai teknologi surveilance khususnya kamera CCTV analog dan kamera ip, silahkan kunjungi be:logix
 
 

1 comments:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam