6/03/2012

Apa Perbedaan Wireless Access Point Dan Wireless Router

Ada sebagian orang masih bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara perangkat Access Point dan Wireless Router? Dalam kesempatan ini saya akan coba membahas sedikit perbedaan mendasar mengenai perbedaan kedua perangkat tersebut dengan disertai gambar produk Edimax. Tujuannya agar anda memiliki gambaran yang lebih jelas dan bisa membedakan fungsi kedua perangkat tersebut. 

Perangkat Access Point 
Apa yang dimaksud Wireless Access Point ? 
Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station. Sehingga client yang terhubung dengan perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu sama lainnya dengan subnet mask yang sama.

Apa Fungsi  Access Point ?
Berbagi koneksi dari server lokal (kantor) maupun internet dengan perangkat client lainnya (notebook, PC, gadget, handphone dll) maupun perangkat access point lainnya (seperti extender/repeater) dalam satu subnet mask yang sama.

Contoh Aplikasi Access Point
Tipe Produk Edimax Apa yang bisa dijadikan Access Point ?
Untuk di Indonesia produk edimax yang bisa dijadikan Access Point yaitu EW-7416APnV2, EW-7228APn dan EW-7415PDn.

Apa yang dimaksud Wireless Router ?
Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. 

Contoh Aplikasi Wireless Router
Apa Fungsi Wireless Router ?
Fungsinya relatif sama, karena mode wireless router juga dapat diatur sebagai access point. Router juga memiliki fungsi sebagai gateway (gerbang) penghubung dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Apa Perbedaan Mendasar Antara Wireless Access Point dan Wireless Router ?
1. Secara Fisik (Perangkat Keras)
Pada Wireless Router terdapat Port WAN untuk Router Broadband dan Port ADSL untuk Router ADSL Modem, anda dapat menemukannya pada panel bagian  belakang. Sedangkan perangkat Access Point  tidak memilikinya. 

Gambar Panel Belakang Router Broadband Nirkabel
    Gambar Panel Belakang Router ADSL Modem Nirkabel
         Gambar Panel Belakang Port LAN Perangkat Access Point Nirkabel

2. Secara konfigurasi, jika anda menghubungkan router nirkabel ke modem maka anda tidak perlu merubah ip address router tersebut. Namun jika anda menghubungkan perangkat access point ke modem, maka anda perlu menyamakan segmen ip addressnya sesuai dengan pengaturan di modem. Sebagai contoh :
- Anda menghubungkan port WAN router broadband edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address 192.168.1.1, seperti anda ketahui default ip address router edimax yaitu 192.168.2.1. Untuk menerapkan mode access point pada router anda tidak perlu lagi merubah ip addressnya, dan secara default DHCP pada router telah aktif dan akan memberikan range ip address ke client 192.168.2.100-200. Namun yang perlu anda ingat atur lebih lanjut yaitu konfigurasi WAN, nama SSID dan enskripsinya (password wi-fi). (lihat gambar Aplikasi Wireless Router)
-  Anda menghubungkan port LAN access point edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address 192.168.1.1, secara otomatis jika anda mengaktifkan pooling DHCP server pada modem maka walaupun default ip address edimax 192.168.2.1 secara otomatis akan mengikuti segmen ip address yang diberikan modem tersebut (lihat gambar Contoh Aplikasi Access Point)

Demikian yang bisa saya bahas dalam artikel ini, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan kalimat. Silahkan meninggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Download Artikel

Penulis : Arif H. Sanjaya
Previous Post
Next Post

101 comments:

  1. berdasarkan artikel tersebut, bisa menjadi rujukan link penelitian dibawah ini

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2178/1/02-03-001-Analysis%5BAristyo%5D.pdf

    terima kasih

    ReplyDelete
  2. saya punya wireless router TP-LINK WR841ND 2(dua) unit. Satu sudah saya fungsikan sebagai wireless-router. Nah, yg satunya ingin saya jadikan akses-poin. Maka yg perlu saya koneksikan bagaimana ya?

    >>saya sudah pernah coba. WAN-ALAT-1 terhubung ke LAN MODEM ADSL. Lalu LAN-ALAT-1 terhubung ke WAN-ALAT-2 dgn harapan ALAT-2 bisa jadi akses poin. Tapi ternyata belum berhasil.

    ReplyDelete
  3. @ luchmansky : konfigurasi seperti yg anda sebutkan bisa terwujud, asalkan ip address alat ALAT-2 harus anda rubah. Jadi gambarannya sebagai berikut :
    1. Modem ADSL dari speedy umumnya memiliki ip address 192.168.1.1 dan dihubungkan ke port WAN ALAT-1
    2. Usahakan ip address ALAT-1 anda rubah menjadi 192.168.0.1, Set WAN type menjadi Dynamic IP. Lalu anda hubungkan ke port WAN ALAT-2
    3. Ubahlah ip address ALAT-2 menjadi 192.168.2.1 dan Set WAN type menjadi Dynamic IP

    Dengan demikian anda dapat menjadikan kedua alat tersebut menjadi access point

    ReplyDelete
  4. kita juga punya nih artikel mengenai accses point, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2181/1/02-03-004-IP_Mobile%5BArum%5D.pdf

    ReplyDelete
  5. Selamat malam, saya ingin tanya

    Saya punya 3 komputer, satu untuk tugas kuliah bikin web php dengan localhost, berarti bisa disebut server kan ya ? Sebut saja komputer A.

    Nah dua lainnya (sebut saja B dan C) ingin saya konek-kan ke A secara wireless untuk mengakses web local tersebut.

    B dan C otomatis butuh wifi client, misalnya tplink wn727n 2 buah.
    Nah untuk komputer A ini butuhnya router misal tplink wr740n atau access point misal wa500g?

    Saya ada tplink gsm-cdma router mr3220, apakah itu bisa digunakan untuk komputer A supaya bisa diakses B dan C?

    Terima kasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  6. wn727n wireless client betul, mr3220 merupakan 3G/4G wireless router dan kalo saya liat dari spesifikasi dia memiliki port WAN (Broadband router) sehingga bisa juga digunakan sebagai wireless access point. Klo anda sudah memiliki mr3220 tidak perlu lagi wr740n atau wa500g.

    ReplyDelete
  7. apakah wireless router bisa di setting seperti router cisco ?

    ReplyDelete
  8. Speedy - modem - AP1 ------>3km-----> AP2 -------->client
    apakah bisa begitu bagaimana settingannya dan mikrotik sebagai management bisa di pasang di AP2 Terima kash

    ReplyDelete
  9. Cth : modem speedy (192.168.1.1) --> Ubah AP1 outdoor diubah statik (192.168.1.2) --> 3Km (koneksi dibuat mode bridge point to point) --> AP2 (192.168.1.3) --> mikrotik sebagai qos management.

    ReplyDelete
  10. Tulisan yang bagus dan bermanfaat untuk nambah-nambah pengetahuan. Trims berat dan tetaplah berkarya.

    ReplyDelete
  11. Mas, saya pengen nanya nih .
    kalo perangkat accesspont/router dijadikan alat penerima sinyal wifi. gimana cara settingnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Tedjo : tergantung mas, perangkat akses pointnya harus ada salah satu fungsi WISP, bridge AP maupun Extender. Dan kalo boleh tau mas tedjo menggunakan perangkat apa ya?

      Delete
  12. Salam, Mas.. Sebelumnya terimakasi atas tulisannya, membantu sekali. saya sudah coba terapkan seperti ini:
    Modem(speedy:192.168.1.1)->Server->hub-Client(192.168.1.1-15) dan WAN (192.168.2.1). udah jalan semuanya. Cuman sayangnya saya ga bisa akses halaman setting si WAN dari server. Jadi harus lewat client yang terhubung via Wifi. itu gimana yah cara merubahnya. Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari konfigurasi spt yg anda uraikan, sebenarnya perangkat Wireless router dengan WAN (192.168.2.1)mendapatkan ip dynamic (DHCP) dari si modem antara 192.168.1.2-192.168.1.15. Jadi cara mengetahui ip dynamic tersebut anda pergi masuk ke web config modem > cari menu LAN > cari summary pool/DHCP list table pada modem. Berbekal MAC address dari perangkat Wireless router, anda bisa mengetahui MAC adrress cth : 80:20:1x:xx:xx (milik si Wireless router tsb) mendapat alokasi ip dynamic (DHCP) berapa dari si modem. Dengan ip dynamic itulah anda bis mengaksesnya. Mengapa server tidak bisa mengakses WAN (192.168.2.1)karena server bukan client si Wireless router,namun dia client si modem. Tapi kalo client yang terhubung ke wifi sudah tentu bisa mengakses/melakukan ping ke WAN (192.168.2.1), ke server dan juga ke modem (192.168.1.1). Ada cara lain, yaitu dengan configurasi spt di bawah ini :

      Modem --> Switch/Hub > Server
      |
      | ----- > Wireles Router <---wifi---> Wireless Client

      Agar server bisa langsung mengakses, caranya :
      1. Lakukan koneksi perangakat seperti diatas.
      2. Enable-kan fungsi DHCP modem sesuai keperluan anda.
      3. Ubah LAN IP address perangkat wireless yg semula 192.168.2.1 menjadi 192.168.1.254
      3. Disable fungsi DHCP di perangkat Wireless router, tujuan agar distribusi DHCP tersebut dilakukan oleh modem. Setelah konfigurasi selesai, umumnya perangkat Wireless router akan melakukan restart.
      4. Tancapkan kabel ethernet dari Switch/Hub ke port LAN perangkat Wireless router. Ingat jangan ke port WAN tapi ke port LAN.

      Dengan demikian anda bisa telah membuat koneksi bridge LAN. Dan bisa mengakses perangkat wireless router dengan menggunakan ip address 192.168.1.254.

      Delete
  13. Mas, mohon insightnya:
    1.Laptop,PC,Hp, android
    2.Hub D-link 5 port
    3.Modem Speedy+Wifi (ZTE)
    4.Accsess point seri N (satu antena)
    5.Accsess point seri G (satu antena)
    6.Wireless Router 901ND
    7.Accsess point (3 antena)
    -----
    Sketsa area:
    |___|__|___|__________|________|_____|___|___|____|___|______| <---A
    <---B
    -------------------------| |-------------------------------
    C | | D
    | |
    _________________________| |_______________________________

    E
    --------------------------------------------------------------

    Keterangan:
    Panjang 50m
    Lebar 40m
    A,C, dan D adalah ruangan bersekat tembok, ada ventilasi
    B adalah jalan atau selasar
    E adalah selasar

    Pertama, sy hubungkan 1,3,dan 6 ke 2 (berjalan lancar), menjadi ada dua hotspot X(dari modem) dan Z(dari router).
    Saya ingin mencover semua area A s.d E
    Pertanyaan:
    1. Settingan seperti apa yg harus saya bangun?
    2. Apakah ketika AP disetting AP, akan menimbulkan hotspot baru?
    3. Bagaimana pegaturan di konfigurasi AP (di browser offline--AP dihubungkn ke laptop) agar AP bertindak sebagai penerus sinyal hotspot X, tanpa memunculkan SSID baru?
    4. AP sy setting sebagai AP, universal repeater atau repeater?
    5. sy sudah mncoba membuat AP menjadi AP, tp muncul nama device APnya. Sy sudah mencoba setting AP mnjdi repeater, tp kok tidak ada sent dan received trafficnya. Bgm solusinya?

    Demikian mas, mohon penjelasannya ^_^
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Mohon petunjuknya mas.
    Saya pakai modem speedy yg ada antenanya + 1 port LAN. Diruangan A,B dan C sinyal masih bagus tapi di Ruang D (jarak agak jauh dan terhalang tembok) sinyal lemah.
    Saya berencana memanfaatkan port LAN yg ada dimodem dan menghubungkannya ke Ruang D supaya bisa akses internet dengan handphone.
    Yang harus saya beli itu WIRELESS ACCESS POINT atau WIRELESS ROUTER ?.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli wireless Access Point saja atau kalo anda ngga ingin repot tarik kabel, mending beli exender atau repeater.

      Delete
  15. sangat bermanfaat, bisa saya minta artikel ini untuk kebutuhan belajar saya.

    email saya : luqieblackforest@gmail.com

    ReplyDelete
  16. sangat menambah ilmu jaringan saya, trimakasih banyak.
    kalo boleh mohon kirimkan artikel tentang jaringan ke email saya
    MIFTACHULFAIZIN86@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Pak, saya izin copy ya, sebagai tambahan materi perkuliahan
    minta tolong dikirim ke email saya windyasriani@yahoo.co.id

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  18. izin copy ya, artikel anda sangat bermanfaat.. kalo boleh saya minta dikirim ke email saya (Herruuversusdzauell@yahoo.com)

    terima kasih

    ReplyDelete
  19. artikel ini sangat bermanfaat , izin copy artikel nya .
    email saya : yuliariandini454@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Mf Mau tanya...,
    dari (gedung1) ada 1 Line Speedy Wireless Router- TP Link) > mau ditangkap dari (gedung2) menggunakan wifi terus langsung ke HUB. Bisa ndak ya ?
    Mohon penjelasannya dan alat yang digunakan.. Mksh.

    Email saya : downloaderyangbaik@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal anda setting sebagai bridge point to point

      Delete
    2. apakah pake Akses Point atau apa??

      Delete
    3. Biar aman anda gunakan aja TL-WA7510N itu ada mode AP/Client /Bridge/Repeater , kebetulan juga buat outdoor. Anda beli dua di pasang utk gedung 1 dan 2. Gedung 1 dihubungkan ke modem router speedy dan di gedung ke 2 dihubungkan ke hub. Kelebihan sistem bridge point to point yaitu komunikasi wireless hanya khusus ke dua perangkat tersebut dan juga jika mode bridge sdh berhasil nanti SSID dari perangkat tersebut akan di hide (disamarkan/tersembunyi).

      Delete
  21. Mas Arif saya mau tanya
    Dirumah menggunakan speedy, kabel dari modem masuk ke Hub switch 4 port untuk dibagi masing-masing ke 4 komputer, saya ingin menambahakan WiFi, saya masih bingung ditambah router apa access point supaya ke empat komputer tidak terganggu, rencana saya apakah bisa dari hub switch salah satu kabelnya ke router atau access point dan dari raouter / access point ke salah satu komputer
    terimakasih bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah ada modem, tambah accses point saja seperti EW-7228Apn dengan port tambahan sebanyak 4.

      Delete
  22. mas saya mau nanya wireless router saya sudah beserta modem ada ADSLnya (ex speedy)TP link : TD-W8101G. apakah saya bisa sambungkan ke fastnet yg tidak pake jaringan telepon?
    makasih mas

    ReplyDelete
  23. Coba lihat di Quickstart Menu, klik Next. Apakah ada pilihan untuk dinamic ip kalo ada pilih mode tersebut dan lakukan pengaturan untuk nama wifi (SSID) serta passwordnya. saat melakukan penyetingan modem fasnet dlm posisi off terlebih dulu. Setelah anda selesai menyeting tp-link dan alat tersebut restart. Nyalakan kembali modem fasnet kemudian hubungkan kabel dari modem fasnet ke port lan Tplink. tunggu beberapa saat, lalu lakukan pengetesan koneksi ke wireless modem adsl anda. Selamat mencoba

    ReplyDelete
  24. terima kasih atas info nya :)

    ReplyDelete
  25. mas saya blh izin copy juga artikel ini? tolong kirim k email saya y mas , maya.karnain@gmail.com terima kasih mas :)

    ReplyDelete
  26. masalah saya begini Gan...!!!
    saya tinggal di pulau A (tidak ada speedy/ISP)
    dekat dengan pulau B (ada Speedy/ada ISP)
    jarak pulau A ke B kira2 1 Km
    rencananya saya ingin buka warnet di Pulau A
    dengan cara meneruskan koneksi Internet di Pulau B
    cuma saya gak tau apa saja yang dibutuhkan agar internet Bisa di acces di pulau A
    apakah wireles router atau acces point?
    trus kira2 hardware apa yang dibutuhkan agar jaringan tetap lancar meskipun musim
    tak nentu (ntar kalo kena hujan koneksi internetnya jadi lelet)

    ReplyDelete
  27. Yang anda butuhkan adalah router yang memiliki fitur bridge dan remote management. Dan untuk mendukung koneksi jarak jauh anda perlu membeli antena grid dan membuat tower. Agar koneksi bridge point to point berjalan lancar. lengkapi koneksi listrik dengan surge arester (pengaman jalur listrik dari petir). Pasang penangkal petir di tower dan dihubungkan ke grounding yang aman. Untuk maintenance mungkin anda perlu menonaktifkan router dengan perangkat timer pada jam tertentu (saat dini hari/penggunaan internet tidak ada) agar perangkat anda router anda awet.

    ReplyDelete
  28. ka izin copy untuk kerja tugas khu :) ?

    ReplyDelete
  29. pak saya ijin copy ya , buat tambahan pelajaran sekolah saya. kalo boleh kirim ke alamat email saya nabilaarsyni@ymail.com

    ReplyDelete
  30. Mau nimbrung pencerahan nya pak Arif.......

    Assalamualaikum,
    saya mau tanya di lantai 2 sudah ada wifi dan di lantai 3 signal nya kecil sekali,, bagaimana agar lantai 3 bisa saya untuk wifi seperti di lantai 2,, yang lebih murah gak ribet selain kabel pakai apa ya,,

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. EW-7438Rpn mas jadikan sebagai extender/repeater

      Delete
  31. mau bertanya ...
    saya punya MODEM AHA dan TP-LINK TL-WA500G
    saya main di komputer, bagiamana cara untuk settingannya agar saya bisa berbagi koneksi ,,karena TP-LINK saya tidak ada untuk Colokan USB'a jadi modem saya colok di CPU'a ...
    saya udah coba browser ke 192.168.1.1 tetapi tidak bisa masuk'' ..

    mohon solusinya ?

    ReplyDelete
  32. Hallo Mas Arif....
    saya baru beli router linksys EA6700 mau tanya cari setting nya soal berbeda sekali sama router seri sebelom nya
    .terima kasih

    ReplyDelete
  33. saya mau tanya. dikantor ada speedy tapi modemnya gak ada wifi. saya tertarik beli wireless router 3G yg berbentuk seperti USB. katanya sih tinggal colokin aja ke kekabel modemnya dan otomatis bisa jadi wifi. bener gak yah? takut udah beli gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tipe/modelnya seperti apa ?

      Delete
    2. Mungkin maksud dr sodara sandy adalah tipe TP-LINK TL-WN727N atau ini TP-LINK TL-WN723N

      dan yg ingin saya tanyakan juga apakah benar bisa membuat wifi langsung via pc dengan koneksi internet dari lan yg terhubung ke mikrotik

      Delete
    3. Jadi, maksud anda mau sharing wifi dengan TL-WN723N. Maaf, saya belum pernah nyobain produk TP-LINK. Asalkan software utility-nya menyediakan fitur switch application dari mode client ke mode AP, harusnya bisa. Untuk lebih jelasnya kontak ke technical support T-Link

      Delete
  34. mau tanya om jadi akses poin wireles & ruoter wireles sama2 bisa menyebarkan internet & file sharing??

    ReplyDelete
  35. Mas, saya ada 2 buah modem adsl speedy...yang terpakai cuma 1 ...jadi bgmn settingangannya agar kedua modem bisa berfungsi dalam 1 line speedy ....apakah bisa salah satu kita jadikan sebagai hotspot tanpa harus menarik kabel lannya ? sehingga 1 modem langsung dari line telkom speedy dan satunya lagi kita jadikan sebagai hotspot tanpa kabel ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ga bisa, karena modem adsl speedy itu tidak ada mode (fitur) sebagai repeater/extender. Dan yang anda maksut dlm pertanyaan "satunya lagi kita jadikan sebagai hotspot tanpa kabel..." itu mengarah ke fungsi repeater/extender

      Delete
  36. misi master >,<
    saya mo tanya cara nembak rt rw net dkt rmh dan untuk di sebarkan lagi gimana cara settingnya helpz pleaseee
    server nya mengunakan tl 7510n 5ghz kebetulan saya punya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cara detailnya mohon maaf saya tidak bisa menjabarkan krn saya bukan technical support tp-link, tapi kalo secara universal anda bisa mengatur tl7510n sebagai repeater.

      Delete
  37. permisi mas bro,saya mau tnya saya baru saja beli router wifi tp link tl-wr740n,saat saya seting melalui cd drivernya yaitu easy setup assistance,ternyata tidak bisa, dia minta diset ip DHCPnya,akhirnya saya melalui browser ke 192.168.1.1,ternyata tidak bisa diakses dan tertulis di blkg routernya default link tplinklogin.net itu pun jg tidak bs,tertulis di mozila respon too long..
    kira2 itu kenapa ya mas?apa ada yg salah dengan routernya?atau ada cara lain?
    mohon pencerahannya...trima kasih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba reset terlebih dahulu, kemudian set manual ip address di pengaturan LAN pada PC dan gunakan kabel utk mengaksesnya.

      Delete
  38. maap mas mau nanya…
    saya baru pasang modem wifi dari speedy telkom.
    tapi sinyal wifinya naik turun malah terkadang hilang…
    solusinya ini saya pake accespoint atau wireless router ya buat memperkuat sinyal wifi…
    makasih bantuannya…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memperkuat sinyal sih harusnya membeli extender atau repeater. Namun jika anda ingin membuat koneksi wifi baru cukup membeli Access Point sudah cukup. Apalagi anda memnceritakan bahwa sinyal terkadang hilang.

      Delete
  39. Bang Arif , saya 3 hari ini bingung setting modem adsl buat lan, terus modem tp link wireless dan routerl TL-WR741ND mau saya pakai utk wireles, sama mikrotik RB 750, gimana cara hubungin nya Bang terima kasih

    ReplyDelete
  40. ijin share mas .. kalau boleh kirim ke asule07@gmail.com

    ReplyDelete
  41. misi bang saya mau tanya..

    saya punya PC komputer biasa (bukan laptop) dan modem CDMA biasa..
    nah saya pngen dari PC saya bisa berbagi koneksi wifi ke handphone, tablet, dll

    itu yg saya butuh beli router nya atau access point saja yaa?
    klo access point saja bisa ga bwt nyebar wifi dari PC?
    ditunggu jawabannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Wireless Broadband Router saja mas Veza

      Delete
  42. Salam kenal Mas Arif smoga sehat sekeluarga,
    Di rumah saya menggunakan modem TD-W8151N + werless + hub sudah bisa di akses ke pc,laptop dan Hp dalam lingkungan rumah ,berhubung paman saya agk jauh sinyal Wifi saya gak terdetek saya suruh paman saya beli usb werless TL-WN722N tapi tetap gak kedetek juga ya terpaksa saya narik kabel lan 50metr. dan sdah bisa akses internet.pertanyaan saya bisakah di rumah paman saya di jadikan hotspot supaya bisa di akses di PC,laptop dan Hp kaya di rumah saya apakah harus beli AP atau Router trus gimaa cara setting nya,,makasih sebelum nya maaf ngerepotin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, maaf saya sudah lama ga online. Anda cukup membeli Access Point saja kalo sudah melakukan penarikan kabel. Kalo cara setting tergantung merek dan model yang anda gunakan. Karena setiap web interface dari perangkat access point berbeda-beda.

      Delete
  43. salam kenal mas arif. mau numpang tanya.
    jadi dirumah saya ada modem Tp-link WR740N dan modem USB. jadi saya mikir, apakah bisa saya menggunakan modem USB untuk internetan, dan koneksinya saya alirkan ke modem tersebut. kalo bisa, bisa dibantu caranya seperti apa ga mas?

    ReplyDelete
  44. Mas mw nanya wireless adsl modem router bisa ga disambung sama mikrotik

    kalau secara topologi begini bisa tidak

    internet speedy----wireless adsl modem router mereknya tp link---mikrotik---ap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan wireless adsl modem nya ada fungsi / fitur sebagai access point, semestinya bisa

      Delete
  45. Mas arif mau tanya,
    saya ingin komputer saya dpt menerima dan mengirim wifi, alat yg saya butuhkan access point atau wireless broadband router yaa? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau komputer yang anda maskut adalah PC dan anda sudah memiliki wireless access point, maka anda hanya butuh usb wireless adapter. Namun jika anda belum memiliki perangkat wi-fi, hal ini tergantung dari internet service provider yang akan anda gunakan apakah dr speedy, first media, biznet, ataukah menggunakan usb modem. kalo anda menggunakan speedy anda biasanya diberi gratis wireless adsl modem + router, kalo anda menggunakan first media dan biznet anda perlu membeli wireless router dan kalo anda menggunakan usb modem anda memerlukan wireless 3G router. Thx

      Delete
  46. Mass sya mau nanya nih mass.. :D
    sya punya modem D-Link wirelles N 150 ADSL2+Modem Router tipe DSL-2730E, apa modem tersebut bisa digunakn untuk access point atw nga' yaa mass?? mslhnya sya mau pindah jaringandari speedy ke jringan Infotek.. Mksh ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas Rizky, Saya belum tahu jenis back bone jaringan yang digunakan oleh infotek. Intinya kalo source back bone berupa kabel telpon ke pelanggan apapun itu ISP-nya gunakanlah ADSL Modem Router. Jika source berupa kabel network/UTP yang berasal dari antena wireless outdoor anda bisa gunakan access point. Dan jika sourcenya berupa cabel coaxial yg menuju surfboard modem cabel, maka anda butuh wireless broadband router. Thanks

      Delete
  47. Mas Arif,
    Saya punya 2 AP untuk share internet, lalu sy set IP nya pada subnet yang sama. DHCP saya aktifkan dengan range yang berbeda. Dulu setting ini berjalan normal, namun akhir akhir ini kedua perangkat selalu memberikan IP DHCP yang berbeda dengan subnet AP. Mohon pencerahannya....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengatasi hal tersebut, coba lakukan pengecekan firmware di perangkat anda. Jika memungkin download firmware terbaru yang disediakan di official website resmi. Kemudian lakukan hard reset dan lakukan penyetingan kembali.

      Delete
  48. Mas Arif,
    punten saya mau tanya,mungkin udah ditanyakan oleh orang lain,
    sekolah SD saya dua lantai, untuk jaringan komputer di ruang guru sudah bisa menggunakan kabel, kami juga punya wireless acces point, tp tu teh bisa untuk di lantai 1 ja, rencananya kami ingin beli lagi acces point untuk dipasang di lantai 2, agar laptop di lantai 2 juga bisa akses internet.
    mohon komentar dan solusinya bagaimana settingannya... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Idink, Kalo setingan tergantung merek dan tipe yang anda gunakan. Intinya jika anda membeli access point, maka anda tinggal mencolok ke port LAN yang tersedia. Adapun yang perlu di setting yaitu ip address statik utk access point agar mudah diakses utk keperluan maitenance, ip address tidak boleh sama dengan ip address yang digunakan perangkat lain dlm satu jaringan, pengaturan subnet dan gateway mengacu kepada kelas ip address yang telah anda gunakan (yang telah ada/existing) dan yang terakhir perlu diatur utk wireless security agar wireless anda lebih secure (diberi password), sehingga org yg hendak terhubung ke access point harus mengetahui password wifi. Thanks

      Delete
  49. mas arif
    bisakah TP Link WR740N di pakai utk memancarkan wifi/AP yg diambil dr RB750 ?
    kalo bisa mohon di beri tutorialnya (maklum baru mainan inet)

    ReplyDelete
  50. maaf mas, saya belum pernah menggunakannya

    ReplyDelete
  51. Mantab bos...dan izin copas ya


    trims bos...
    From: Yoce

    ReplyDelete
  52. Mas mau tanya. Saya ada modem wifi punya telkom. Sedangkan ditempat kami sudah pakai line wifi dri punya tetangga yg di share ke kami. Apakah modem wifi saya ini bisa dirubah menjadi penguat signal di tempat kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa pak, umumnya yg diberikan telkom itu adsl router dan tidak memiliki fungis repeater atau penguat sinyal

      Delete
  53. maaf mas saya mau tanya
    saya punya 3 jaringan komputer dengan 3 router accespoint dan 3 switch gimana caranya saya bisa atur itu semua dengan 1 server mohon pencerahannya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cth topologinya spt ini dan pengaturan ip address secara sederhana :
      Jaringan PC3 (DHCP) ----- Switch 3 ----- AP Router3 (Ubah ke 192.168.1.254)
      |
      Jaringan PC2 (DHCP) ----- Switch 2 ----- AP Router2 (Ubah ke 192.168.1.253)
      |
      Jaringan PC1 (DHCP) ----- Switch 1 ----- AP Router1 (Ubah ke 192.168.1.252)
      |
      |
      Modem (192.168.1.1)
      DHCP Enable start 192.168.1.2-xxx

      Delete
  54. mas mau tanya maaf nih kalo edimax seri BR-6675nd apakah bisa buat router atau Acces poin??

    saya mau buat hotspot dari modem speedy 1Mbps di sekolah supaya bisa di akses 300 an siswa. apakah dengan edimax seri tersebut tercukupi?bagaimana konfigurasinya
    trims

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  56. Mas, maaf mau tanya..saya punya ruko 3 lantai..saya mau pasang speedy..dari speedy sudah dapat modem Wifi..Agar signal wifi bisa sampai ke lantai tiga saya harus tambahkan apa saja ya Mas?apakah router atau acces point atau repeater?trus apakah disetiap lantai harus dipasang?
    Mohon bimbingannya..terima kasih

    ReplyDelete
  57. Ada dua cara yang bisa bu fransiska lakukan :
    1. Memasang access point dengan cara menghubungkan port LAN di modem wifi ke port LAN access point menggunakan kabel ethernet. Jika di lantai ke-2 masih dapat 2-3 bar sinyal. Saran saya letakkan perangkat access point di lantai ke-3, sehingga perlu dilakukan instalasi kabel ethernet dari lantai dasar ke lantai 3. Catatan : gunakan metode ini, jika dalam ruko itu terdapat lebih dari 10 pengguna yang mengakses internet.

    2. Menggunakan repeater, bertujuan memperkuat sinyal modem wifi tanpa harus ada instalasi kabel. Penempatan repeater sebaiknya di lokasi yang saat anda melakukan survey (pengecekan) sinyal dari modem wifi minimal 3 bar atau berkisar 45-50 persen lebih. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas link koneksi dari modem wifi ke repeater terjaga dengan baik sehingga klien yang terhubung ke extender nantinya tidak sering mengalami disconnect ke jaringan internet.

    ReplyDelete
  58. Dear Pak Arif,

    Apakah sama wireless repeater dengan wireless range extender?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  59. Dear Pak Juan Repeater dan Extender itu memiliki pengertian yang sama yaitu sebagai penguat sinyal wi-fi.

    ReplyDelete
  60. Mas artikelnya sangat membantu saya, mohon ijin untuk dikirim kan lagi artikelnya ke gmail saya di : anjayasarbini@gmail.com...thank u mas arif.

    ReplyDelete
  61. mas sya mw nnya, sya punya wireless router sekaligus modem untuk line internet speedy..dan punya modem wifi speedy merk tplink yg tidak terpakai. ingin membuat access point disebuah ruangan. apkah modem/ wireless router merk tplink ini dpat digunakan akan sbagai access point sja

    ReplyDelete
  62. mas saya mau bangun hot spot area untuk 2 gedung, gedung yang satu lokasinya agak jauh kira - kira 100 meter dari gedung tempat pasang speedy, modem speedynya pakai tp link td 8817, untuk bisa dijangkau digedung yang satunya tadi dengan kualitas sinyal bagus, saya harus beli router yang spesifikasinya bagaimana, kira2 merk yang bagus apa,terus setingannya bagaimana?thank

    ReplyDelete
  63. artikel ini sangat saya butuhkan mohon bisa dikirim ke email saya :mimuhadondong@gmail.com terima kasih banyak

    ReplyDelete
  64. mas saya mau nangkap signal wifi dr kampus agar bs internetan di rmh. tetapi saya mau di rmh saya jg wireless... kira2 bahan apa saja yg saya butuhkan... kalo boleh bls ke email saya mas. julian.siagian@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  65. Selamat siang , pak saya mau tanya , di kantor saya menggunakan 2 line speedy, 2 modem router, tp-link TD-W8951ND di lantai 1 dan D-link DSL-2730E di lantai 2, mau di gabung jadi satu. Apakah perlu tambah perangkat lain ? seperti Load Balance Router atau antar ke dua modem router sambung langsung dengan utp kabel ? bagaimana setingan yang terbaik ?
    email saya ibrahims27@gmail.com. Terima kasih ...

    ReplyDelete
  66. Siang pak arif,, saya mau tanya..
    dirumah ada Tplink TL-WR3420 + modem (internet) trus saya punya lagi TL-WA7510N, kira2 pemanfaatan keduanya bisa maksimal bagaimana?
    apakah bisa jika 3420 sebagai sumber internet trus diteruskan dgn LAN ke 7510 sbg AP (mungkin wajar) tp jika 7510 ini sbagai sumber internet yg berasal dari wifi tetangga atau semacamnya apakah bisa diterima di 3420 dan 7510 tetap bsa diterima client dgn wifi’nya?
    Mohon beri petunjuk... Terimaksih sebelumnya...

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum

    Dear Admin,

    Saya mau konsultasi sedikit.
    Gini orang tua saya punya usaha warkop, jadi saya ingin memasang wifi, karena sekarang udah trend warkop dengan free wifi, jadi gimana saran pak admin untuk saya.. pakai wireless router atau apalah, maklum masih gaptek nih hehe
    Terimakasih

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam