Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 17 June 2012

Luar Biasa !!! Mencari Jutaan Gambar Dalam Hitungan Detik


Mungkin ini bukan hal baru di media internet. Semakin canggihnya mesin pencari (search engine) saat ini, dengan metode dan cara kerjanya yang begitu cepat mampu memberikan solusi bagi kita yang bingung dan buta informasi. Semua orang akan merujuk ke google, apabila berbincang tentang mesin pencari yang super cepat. Namun jujur saya baru mengetahui selain google, ternyata ada mesin pencari (search engine) lain yaitu TinEye. Yang unik dari mesin pencari ini adalah kita bisa mencari kemeripan sebuah image (gambar) yang kita miliki di internet. Yang lebih menakjubkan mesin pencari tersebut mampu menyeleksi jutaan gambar dalam hitungan detik...woww!!!

Sedikit membahas mengenai asal usul TinEye. Setelah dicek dengan domaintools inilah informasi yang saya dapatkan :

1. Record  
Dari data record yang ada TinEye dibuat tahun 2000, dan administrator berada di Toronto - Kanada
 
2. Site Profile
Untuk  pengunjung terbanyak berasal dari negara US dan SEO Score mencapai 98%. Pada data site profile pengunjung dari Indonesia berarti sangat jarang sekali.

3. Selanjutnya apa yang dimaksud TinEye ?
TinEye adalah mesin pencari dibalik gambar. Anda bisa mengirimkan sebuah gambar untuk TinEye untuk menemukan dari mana asal usul gambar tersebut, bagaimana gambar tersebut sedang digunakan, jika ada versi modifikasi dari gambar, atau untuk menemukan versi resolusi gambar yang lebih tinggi. TinEye adalah mesin pencari gambar pertama di web untuk menggunakan teknologi identifikasi gambar dari kata kunci, metadata atau watermark.

4. Bagaimana cara kerja TinEye?
Ketika Anda mengirimkan gambar yang harus dicari, TinEye menciptakan sebuah tanda tangan digital yang unik dan kompak atau 'sidik jari' untuk hal tersebut, lalu membandingkan sidik jari untuk setiap gambar dalam indeksnya untuk membuat perbandingan. TinEye bahkan dapat menemukan perbandingan sidik jari parsial. Teknologi sidik jari tersebut telah dikembangkan oleh Idée Inc. TinEye biasanya tidak menemukan gambar yang sama (sebagai contoh yaitu gambar yang berbeda dengan subyek sama), mesin tersebut menemukan ketepatan yang mirip, termasuk gambar yang telah dipotong, di edit atau diubah ukurannya. Berikut ini cuplikan video mengenai cara kerja TinEye


0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam