12/21/2012

Universal Wi-Fi Extender – EW-7438RPN Mendapat Penghargaan Bjorn3D Golden Bear




Produk Edimax seri EW-7438RPn merupakan Universal Wi-fi Extender yang memiliki fungsi sebagai penguat sinyal nirkabel serta memperluas jangkauan root Access Point anda. Meskipun bentuknya ramping , di desain wall plug (cukup menancapkan ke stop kontak dinding) dan hanya memiliki dua antena internal. Namun performanya bisa dibilang "Wow Gitu". Tak heran sebuah media situs online Bjorn3D.com, telah melakukan review dan menulis artikel untuk produk networking ini.

Unit EW-7438RPn | source : Bjorn3D.com

Untuk menguji kinerja N300 Edimax Wi-Fi Extender, tim bjorn3D mencoba untuk mendapatkan akses koneksi internet utama dari rumah pertama ke rumah kedua dengan menggunakan dua Wi-Fi Extender. Alasan mengapa diperlukan dua Wi-Fi Extender karena sementara mereka bisa menggunakan extender pertama untuk memperpanjang Wi-Fi jaringannya ke rumah yang lain (di seberang jalan), kira-kira 55 meter, alasannya karena mereka tidak mendapatkan sinyal yang baik di seluruh rumah kedua. Inilah sebabnya mengapa mereka menggunakan Edimax N300 Wi-Fi Extender lainnya untuk meningkatkan sinyal untuk semua kamar di rumah 2. Dalam pengujian ini kami akan menguji PING, dan throughput internet untuk download dan upload.
Koneksi Internet Information:

  • 30Mbps Download
  • 1Mbps Upload


Implementasi di lapangan | Source : Bjorn3D.com
Dari hasil pengujian performa dan kelayakan yang telah dilakukan, mereka menguji Edimax N300 Universal Wi-Fi Extender di rumah ke-2 di titik terjauh dari extender. Bahkan sejauh 40-50 meter dari extender dengan dinding beberapa jalan, kita masih mendapatkan kecepatan 104 Mbps throughput yang dengan kualitas sinyal yang 5/5 bar. Di bawah ini hasil pengetesan speed internet yang didapat.


Hasil pengujian dari speedtest.net | source : Bjorn3D.com


Kesimpulan

Ada banyak jenis Wi-Fi Extenders, repeater, dan penguat sinyal keluar di pasaran, tetapi perangkat tersebut juga datang dalam berbagai bentuk dan spesifikasi yang berbeda. The Edimax N300 Universal Wi-Fi Extender yang menghubungkan langsung ke stopkontak dinding anda pasti perlu mempertimbangkan, mengetahui bahwa ia mendukung koneksi jaringan 802.11 b/g/n dan kecepatan throughput sampai 300 Mbps. konfigurasi IQ setup-nya dan fitur WPS membuatnya super mudah untuk mengkonfigurasi dengan router nirkabel anda saat ini, serta membuat anda terbiasa dan dapat melakukannya dalam hitungan menit. Setelah konfigurasi telah dilakukan, extender dapat ditempatkan di outlet manapun dalam rumah.

Jika anda telah memiliki EW-7438RPn, silahkan upgrade firmware dengan versi terbaru yang bisa di download di sini

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam