Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, 15 August 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan IP Camera atau Network Camera ?


IP Camera atau yang sering disebut Network kamera merupakan perangkat yang bertugas melakukan capture dan mentransmisikan gambar secara langsung melalui jaringan lokal maupun internet. Gambar tersebut dapat berupa video Motion JPEG (MJPEG), MPEG-4 atau H.264 menggunakan berbagai protokol jaringan, upload gambar individu berupa MJPEG menggunakan FTP, e-mail dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Karena tujuan utamanya yaitu untuk memantauan (monitoring) area publik, kantor, rumah dan perilaku orang di lingkungan tertentu, sehingga kegiatan tesebut lebih dikenal sebagai surveillance.

Komponen utama kamera jaringan terdiri dari lensa, image sensor, beberapa prosesor, memori dan perangkat interface tambahan. Fungsi prosesor dalam kamera digunakan untuk mengolah gambar, kompresi, analisis video dan jaringan fungsionalitas. Sedangkan memori digunakan untuk menyimpan firmware network camera dan untuk rekaman video lokal. Untuk lebih mengetahui bagian/komponen apa saja yang terdapat pada sebuah network camera, perhatikan gambar blok diagram di bawah ini.

Sunday, 12 August 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan Extender Atau Repeater

Pengertian secara harfiah (berdasarkan kosakata) Repeat berarti mengulang dan Range Extend berarti memperluas jangkauan. Lalu apakah kedua perangkat tersebut memiliki fungsi yang sama dan mengapa? Jawabannya adalah tentu iya, karena setelah berhasil mengulang signal wireless Access Point tentunya akan memperluas jangkaun dari wireless tersebut. Perangkat Repeater atau Range Extender berfungsi sebagai pengulang atau memperluas jangkauan sinyal Wireless Router (Access Point) sehingga client yang letaknya terpisah oleh jarak yang agak berjauhan masih bisa mengakses atau terhubung ke jaringan internet. Untuk mempermudah anda memahami, marilah kita melihat cuplikan video di bawah ini.


Tanya : Jadi kapan anda memerlukan perangkat Repeater/Extender ?
Jawab : Saat kondisi sinyal wifi di ruangan/area tertentu mulai melemah dan anda sangat memerlukan koneksi ke internet pada ruangan/area tersebut.

Tanya : Seberapa jauhkah sinyal wifi dipancarkan kembali oleh perangkat Repeater/Extender ?
Jawab : umumnya perangkat ini akan memancarkan kembali sinyal wifi antara 20-25 meter dengan kondisi lingkungan bebas interfensi.

Tuesday, 7 August 2012

Bagaimana Mengatur Manual IP Address Pada Jaringan LAN

Untuk melakukan konfigurasi IP address secara manual, ada beberapa perbedaan yang perlu anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan Operation System (OS) yang anda gunakan seperti Windows XP, Vista ataukah Win 7. Saya akan membaginya berdasarkan Operation System dan ikutilah langkah-langkah berikut :

Windows XP
1. Pada Windows taskbar, klik tombol Start dan kemudian klik Control Panel.
2. Klik dua kali atau klik kanan ikon Local Area Connection. Pada Tab General untuk Local Area Connection Properties, klik dua kali Internet Protocol TCP/IP. (lihat gambar)


 3.  Pilih Use the following IP address, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini. Isi kolom ip address dengan range ip address 192.168.2.2 - 254 (jika anda menggunakan router Edimax), Subnet mask 255.255.255.0 dan Default gateway 192.168.2.1 (default ip address router Edimax). Kemudian pilih Use the following DNS server addresses dan pengisiannya mengacu kepada DNS dari internet service provider (ISP) yang anda gunakan dalam kesempatan ini saya menggunakan DNS Telkom Speedy. Setelah selesai jangan lupa klik OK