Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 22 September 2012

Apa Yang Dimaksud Firmware ?

Menurut penuturan yang dimuat di wikipedia, pengertian firmware dalam bidang elektronik dan komputing adalah kombinasi dari memori persisten dan kode pemrograman yang tersimpan di dalamnya. Contoh perangkat yang mengandung firmware dan tertanam di dalam sistemnya seperti : Router, Access Point, Repeater, Network Camera, NVR dan lain-lain. Firmware yang terkandung dalam perangkat ini menyediakan program kontrol untuk perangkat. Firmware ditanamkan ke perangkat memori non-volatile seperti ROM, EPROM, atau flash memory. Alasan umum untuk update firmware yaitu untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur ke perangkat.

Seiring dengan perkembangan media Open Source, maka banyak bermunculan project firmware untuk wireless router. Alasan umum munculnya yaitu ingin merubah fitur, stabilitas dan fleksibilitas sebuah perangkat terlepas dari merek (brand) yang digunakan. Open source melambangkan sebuah kebebasan berkespresi dalam mempelajari dan mengembangkan sebuah program dengan kode etik yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa daftar para pengembang firmware wireless router :

Cara Mudah Melakukan Setting Port Forwarding Untuk Network Camera


Jika sebelumnya posting mengenai pengertian port forwarding telah saya publikasikan, sekarang saya ingin mencoba berbagi tutorial mengenai cara mudah untuk melakukan pengaturan tersebut di router merek apapun. Bagi anda yang belum mengetahui pengertiannya silahkan baca di sini (klik di sini).
Sebelum melakukan konfigurasi setingan, ada beberapa yang perlu anda persiapkan yaitu :
1. Anda harus mengetahui merek dan tipe router, silahkan lihat di perangkat anda.
2. Anda harus mengetahui username dan password untuk login ke router.
3. Anda telah melakukan konfigurasi LAN pada network camera, seperti contoh di bawah.

Contoh konfigurasi LAN pada network camera IC-3030iWn



Saturday, 8 September 2012

Panduan IPCam Surveillance Software

IPCam Surveillance Software merupakan perangkat lunak yang diberikan Edimax bagi anda (home user). Perangkat lunak tersebut support view‐nya sampai 16 channel untuk  tipe  camera  : IC‐3005Wn, IC‐3015Wn,  seri  IC‐3030,  seri  IC‐7010PTn dan IC-7110Wn.  Fitur yang diberikan program ini meliputi :
1. Live view hingga 16 channel, matrix 1, 4, 6, 8, 9, 10, 13 dan 16
2. Mendukung pola Cycle recording, Motion recording dan Schedule Recording
3. Playback rekaman
4. Multi folder path dan penentuan limit recording space 
5. Penentuan maximum video size (tiap rekaman)

6. Support Full Screen view dan dapat menampilkan tiap channel secara bergantian
7. Dilengkapi dengan tombol snapshot

IPCam Surveillance Software versi terbaru silahkan cek di website edimax.com atau silahkan download di sini (untuk OS WIN7). Sebelum menampilkan view dari ip camera  terlebih dahulu anda perlu melakukan instalasi perangkat keras pendukung seperti contoh gambar di bawah ini.

 

 

Ikutilah langkah berikut ini :
1.  Setelah  anda  mengkofigurasi  instalasi  perangkat  keras  seperti  di  atas,  lanjutkan dengan install software viewer.
2.  Masukkan CD Installer ke dalam CD‐ROM PC dekstop anda.
3.  Buka CD‐Drive untuk melihat kontennya > buka folder viewer. 


4. Klik  ganda  file  Edimax_Viewer_3.0.x.x  untuk  memulai  setup  program tersebut.

5. Jalankan  instalasi  program  hingga  selesai.  Hingga  muncul  ikon  IPCam Surveillance Software
pada layar desktop anda.

6. Kemudian jalankan program IPCam Surveillance Software dengan klik ganda pada ikon tersebut. Dan anda akan melihat tampilan awal program seperti di bawah ini.