Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 30 December 2012

Tips Cara Mengetahui Masalah Perangkat Wireless Access Point

Saat ini sudah banyak perangkat wireless access point yang beredar dengan berbagai merek. Dengan fitur yang ditawarkan dan kemudahan untuk mendapatkan koneksi ke internet tanpa harus menggunakan kabel membuat banyak orang beralih menggunakan perangkat tersebut. Namun ada juga mengeluhkan kendala teknis yang kadang dihadapinya, seperti : tiba-tiba terputus dari koneksi jaringan wireless, pancaran sinyalnya tidak kurang jauh (coverage), tidak bisa terkoneksi ke jaringan dll.

Dalam kesempatan ini saya ingin sharing mengenai beberapa faktor yang menyebabkan anda tidak dapat terkoneksi ke jaringan wireless (sering disebut wi-fi) dan cara melakukan pengecekan sebelum anda memberi ultimatum bahwa perangkat wireless access point tersebut tidak bagus atau rusak. 

1. Wi-Fi tidak terdeteksi
Untuk mengetahui penyebabnya lakukan pengecekan sebagai berikut :
- Cek tegangan output adaptor yang mensuplai tegangan ke perangkat wireless access point anda menggunakan multitester. Jika tegangan output tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat, maka ganti adapatornya dengan yang baru. Umumnya tegangan output perangakat wireless access point ada yang 5Volt DC dan 12 Volt DC.
     
source : internet
- Masuk ke pengaturan web interface perangakat wireless access point, pastikan nama SSID (nama untuk wi-fi) tidak di sembunyikan (hide).
- Beberapa  perangakat wireless access point disertai tombol ON/OFF wireless, pastikan tombol atau saklar wireless sudah pada posisi ON.
- Pastikan perangkat wireless client (usb wi-fi, laptop wi-fi) sudah dalam keadaan menyala (ON) dan terinstall driver dengan benar atau tidak rusak.
- Apakah di PC/notebook anda menjalankan program anti virus, lakukan pengaturan file exception di anti virus anda untuk mengantisipasi terhadap pemblokiran program autorun perangkat usb wireless adapter anda.

Catatan : Jika semua langkah di atas telah anda lakukan dan belum bisa mendeteksi jaringan wireless, kemungkinan besar modul transmiter perangkat wireless access point anda telah rusak.

Saturday, 29 December 2012

Bagaiman Cara Setting Manual IP Address Pada Jaringan Wireless Connection

Untuk anda pengguna windows 7, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :

1. Klik Star Menu 

2. Ketik perintah ncpa.cpl pada kotak, lalu tekan Enter.



3. Pilih Wireless Area Connection, klik kanan dan pilih Properties.



Bagaiman Cara Setting Obtain IP Address Pada Jaringan Wireless Connection

Untuk anda pengguna windows 7, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :

1. Klik Star Menu 

2. Ketik perintah ncpa.cpl pada kotak, lalu tekan Enter.


3. Pilih Wireless Area Connection, klik kanan dan pilih Properties.



Friday, 21 December 2012

Integrasi Network Camera IC-7010PTn di Mangocam.com


Mangocam.com merupakan webhosting yang berasal dari negara kanguru (Australia). Situs ini menyediakan layanan merekam ip camera secara online. Nah ini saya lagi mencoba mengintegrasikan IC-7010PTn ke situs tersebut, mumpung ada yang free alias gratisss.

Langkah yang perlu dilakukan :
1. Anda memiliki network camera yang sudah dinyatakan support oleh mangocam.com
2. Telah melakukan konfigurasi kamera termasuk porfowarding di router.
3. Daftar free account di sini, kalau belum mampu atau ingin iseng nyobain fiturnya. 

Setelah pendaftaran berhasil, langkah berikutnya sebagai berikut :
1. Login dengan username dan password yang anda miliki.

Universal Wi-Fi Extender – EW-7438RPN Mendapat Penghargaan Bjorn3D Golden Bear


Bjorn3D Golden Bear Award

Produk Edimax seri EW-7438RPn merupakan Universal Wi-fi Extender yang memiliki fungsi sebagai penguat sinyal nirkabel serta memperluas jangkauan root Access Point anda. Meskipun bentuknya ramping , di desain wall plug (cukup menancapkan ke stop kontak dinding) dan hanya memiliki dua antena internal. Namun performanya bisa dibilang "Wow Gitu". Tak heran sebuah media situs online Bjorn3D.com, telah melakukan review dan menulis artikel untuk produk networking ini.

Unit EW-7438RPn | source : Bjorn3D.com

Untuk menguji kinerja N300 Edimax Wi-Fi Extender, tim bjorn3D mencoba untuk mendapatkan akses koneksi internet utama dari rumah pertama ke rumah kedua dengan menggunakan dua Wi-Fi Extender. Alasan mengapa diperlukan dua Wi-Fi Extender karena sementara mereka bisa menggunakan extender pertama untuk memperpanjang Wi-Fi jaringannya ke rumah yang lain (di seberang jalan), kira-kira 55 meter, alasannya karena mereka tidak mendapatkan sinyal yang baik di seluruh rumah kedua. Inilah sebabnya mengapa mereka menggunakan Edimax N300 Wi-Fi Extender lainnya untuk meningkatkan sinyal untuk semua kamar di rumah 2. Dalam pengujian ini kami akan menguji PING, dan throughput internet untuk download dan upload.
Koneksi Internet Information:

  • 30Mbps Download
  • 1Mbps Upload