Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 18 August 2013

Mengenal Antena Dipole Indoor untuk Perangkat Wireless Router

AR-7268WnA
Antena merupakan salah satu aksesoris yang sangat diperlukan oleh semua perangkat wireless pada umumnya. Pasalnya, aksesoris yang satu ini berguna sebagai pendukung perangkat wireless dalam melakukan proses memancarkan sinyal (transmite) maupun saat menerima sinyal (receive). Perlu diingat bahwa setiap antena yang terpasang pada perangkat wireless pada umumnya bukanlah sebagai amplifier (penguat) sinyal, karena antena tidak dapat meningkatkan kekuatan transmisi. Antena mengambil energi dari blok (rangkaian) penguat daya pemancar, lalu menyebarkannya melalui udara. Jika antena memiliki kualitas yang baik maka rambatan sinyal dan jarak tempuhnya pun akan lebih baik. 

Antena dapat menyebarkan lebih baik jika desainnya cocok dengan impedansi dan panjang gelombang sumber, ataupun dengan membuat Uni-Directional sehingga dapat mengkonsentrasikan sebagian besar daya output dalam satu arah. Perbedaan kualitas antena tercermin pada rating dbi. Dbi merupakan satuan ukuran relatif yang mencerminkan kapasitas antena untuk memberikan sinyal yang lebih baik.

Default antena dipole yang dipasang ke pada perangkat wireless yaitu 2dBi, 3dBi, 5dBi dan 9dBi.  Di bawah ini gambar dari model antena dipole 2dBi, 5dBi dan 9dBi (dari bawah ke atas).

Model Antena Dipole Indoor
Jika anda ingin mencoba mengetahui seberapa besar pengaruh antena dipole dalam menyebarkan sinyal, silahkan membeli aksesorisnya di toko-toko penjual perangkat jaringan. Namun antena perangkat wireless anda harus detachable (dibongkar-pasang) atau memiliki konektor RP-SMA. Lihat contoh gambar berikut ini.

Panel belakang  AR-7268WnA

0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam