Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 13 January 2013

Apa Yang Dimaksud DHCP Server Pada Router ?

DHCP singkatan Dynamic Host Control Protocol, fungsinya yaitu melayani pemberian (alokasi) ip address, subnet mask dan gateway kepada setiap komputer yang terhubung ke jaringan lokal anda. Pengaktifan fungsi DHCP server ini sebenarnya juga membantu anda agar tidak perlu repot lagi untuk mengatur ip statik untuk PC atau perangkat lain yang ingin dihubungkan ke jaringan lokal.

Pembagian ip address tersebut secara penuh dipegang kendali oleh router. Mekanismenya bisa digambarkan seperti ini, ketika sebuah komputer yang terhubung ke jaringan akan menghubungi dan meminta ip address, subnet mask dan gateway  ke DHCP server. Kemudian biasanya DHCP server akan menyediakan ip address yang tersedia, ibaratnya seperti nomor unik untuk setiap komputer akan memiliki ip address yang berbeda-beda dan tidak boleh sama (karena bisa menyebabkan terjadinya konflik ip address). Alokasi ip address umumnya di mulai dari 2-255. Namun itu buka suatu keharusan, jika anda hanya memiliki 2 unit komputer maka anda cukup mengatur Start IP 192.168.2.2 dan End IP 192.168.2.3, bisa dibilang pengaturan DHCP Server itu disesuaikan dengan kebutuhan kita.


Contoh jaringan lokal sederhana

Bagaimana Cara Mengetahui Default IP Address Modem atau Router

Sebenarnya hal ini merupakan teori dasar yang perlu diketahui ketika anda hendak melakukan pengaturan (konfigurasi) lebih lanjut perangkat modem atau router. Bagi setiap teknisi jaringan ini artikel ini bisa dibilang kurang bermanfaat, namun saya hanya ingin sharing bagi newbie (pemula) yang masih dalam tahap memahami dan belajar mengenai jaringan. 

Bagi pengguna XP
Ikutilah instruksi berikut ini :
1. Klik menu Start dan jalankan (pilih) perintah Run. Ketik cmd, lalu klik OK. seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini.

Tuesday, 8 January 2013

Router Broadband Nirkabel Dual-Band 450Mbps BR-6675nD


  • Konektivitas dual-band nirkabel secara simultan 2.4GHz & 5GHz
  • 1 port Gigabit WAN dan 4 port Gigabit LAN
  • Sesuai dengan stadard nirkabel 802.11n dan 802.11a/b/g
  • Kecepatan nirkabel hingga 14 kali lebih cepat dan jangkauan 6 kali lebih jauh
  • Fitur iQoS untuk manajemen bandwidth lebih cepat dan mudah
  • Saklar built-in geser untuk mengaktifkan/menonaktifkan sinyal nirkabel
  • Mendukung WMM, WEP, WPA, WPA2, DDNS, QoS, IP/MAC Filter, DMZ, dan Virtual Server


    

Konektivitas Concurrent Dual-Band Wi-Fi & Gigabit Ethernet
Edimax router iQ tipe BR-6675nD  menyediakan konektivitas jaringan secara simultan menggunakan frekuensi  nirkabel 2.4GHz dan 5GHz untuk fleksibilitas penggunaan secara maksimal. Router ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi jaringan umum seperti web surfing melalui bandwidth 2.4GHz dan video streaming HD dan media lain melalui bandwidth 5GHz pada waktu yang bersamaan. Selain itu, router BR-6675nD dilengkapi 1 port gigabit WAN dan 4  port Gigabit LAN. Menawarkan pengguna dengan kebutuhan maksimum tingkat kinerja jaringan data sampai 450Mbps. Dengan  konektivitas Gigabit ethernet, BR-6675nD mampu memberikan media streaming yang cepat kepada pengguna dan penggemar game.

Edimax Membawa Perubahan Baru iQoS   
Revolusioner iQoS adalah jawaban dari Edimax terhadap perlunya cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efektif untuk mengelola bandwidth internet. Sebagian besar router di pasaran memiliki fitur QoS (Quality of Service), tapi masalahnya bagaimana mengatur fitur ini hanya diketahui oleh pengguna yang telah mahir. Itulah sebabnya Edimax telah mendesain ulang fitur ini untuk membuatnya sangat user-friendly. Antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif memungkinkan pengguna untuk mengatur prioritas pengaturan bandwidth hanya dengan melakukan beberapa klik. Dengan iQoS, game, video streaming, menggunakan aplikasi VoIP dan klien BT pada saat yang sama tidak akan lagi menjadi mimpi buruk *. iQoS tidak diragukan lagi sebagai pemandu terbaik dari bandwidth Internet anda.

Standar Wireless 802.11n (kecepatan data hingga 450Mbps
BR-6675nD adalah solusi kecepatan tinggi yang sesuai dengan standar IEEE 802.11a/b/g/n. Teknologi nirkabel terbaru yang dibangun ke dalam router iQ untuk memperluas jangkauan nirkabel sebesar 6 kali dan untuk mengurangi dead spot dalam jangkauan nirkabel. Ketika terhubung ke perangkat yang kompatibel nirkabel dengan 802.11n, BR-6675nD dapat mencapai kecepatan transmisi hingga 450Mbps.

Tombol WPS (Wi-Fi Protected Setup) & Saklar Built-in untuk On/Off WLAN 
BR-6428nS memiliki sebuah tombol tekan WPS (Wi-Fi Protected Setup) untuk membantu anda mengatur dan mengahubungkan jaringan nirkabel yang aman dalam sekejap. Tidak perlu lagi ke pengaturan dan konfigurasi keamanan jaringan nirkabel anda. Dengan built-in WLAN on / off switch, pengguna juga dapat dengan mudah mengaktifkan/menonaktifkan koneksi nirkabel dengan tanpa login ke user interface.

Penghargaan di Media


          

            
(klik gambar untuk melihat review dari media online)

Sunday, 6 January 2013

Apa Yang Dimaksud Motion Detection ?



Motion detection adalah sebuah fitur video analisis yang berfungsi untuk mendeteksi adanya pergerakan (orang, mobil, dan lain-lain) dan hampir dimiliki berbagai merek IP camera atau network camera. Sistem pendeteksi gerakan ini dapat menganalisa frame video dan menentukan apakah apakah telah terjadi pergerakan di area yang telah ditentukan oleh pengguna. Sensivitas sistem pendeteksi gerakan ini dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.