Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 15 September 2013

Cara Mengetahui Network Camera ONVIF

Setelah di artikel sebelumnya saya membahas Apa Yang Dimaksud Dengan ONVIF ?. Kurang afdol rasanya kalo saya tidak memberi tau cara mengenali sebuah perangkat network camera itu terdaftar sebagai produk ONVIF atau bukan. Jadi, tujuannya adalah saya berharap anda tidak termakan oleh iklan atau promosi. Ada nasehat orang tua mengatakan "Telitilah sebelum membeli". 

Keuntungan kita membeli produk yang memenuhi standarisasi ONVIF yaitu dikarenakan produk tersebut telah menggunakan platform video jaringan yang sama. Sehingga nantinya akan mempermudah anda saat mengintegrasikan produk tersebut dengan produk merek (brand) lainnya. Untuk itu, anda memerlukan sebuah program open source yang bernama ODM (ONVIF Device Manager). ONVIF Device Manager adalah Network Video Client (NVC) yang digunakan untuk mengelola atau mengatur perangkat Network Video Transmitters (NVT) dan Network Video Analytics (NVA). Ditulis dalam C # dan menggunakan ffmpeg untuk media decoding. 

Apa Yang Dimaksud Dengan ONVIF ?

ONVIF merupakan sebuah organisasi organisasi nirlaba dan menjadi sebuah forum industri terbuka untuk mempromosikan dan mengembangkan standar global antarmuka produk keamanan fisik berbasis IP. Ruang lingkup kerja di ONVIF didorong dan dilaksanakan oleh para anggotanya di berbagai komite dan kelompok kerja. Struktur Organisasi adalah sebagai berikut :


Mengenal Resolusi Network Camera

Beberapa minggu yang lalu, saya telah membuat artikel mengenai "Mengenal Format Kompresi Video Network Camera". Kali ini saya akan coba membahas mengenai resolusi gambar dari network camera. Resolusi yaitu adalah jumlah piksel (pixel) yang berbeda pada setiap dimensi yang  dapat ditampilkan. Semakin besar resolusi sebuah gambar, maka semakin banyak memilki jumlah dot dan lebih detail gambar yang akan di tampilkan.

Jika anda hendak membeli sebuah perangkat network camera yang dapat menampilkan gambar video yang detail dan jernih, maka anda harus memilih network camera yang mempunyai resolusi yang tinggi. Saat ini teknologi video netwoek camera sudah banyak yang menawarkan fitur resolusi Full HD (1080P). Namun mungkin bagi kalangan masyarakat Indonesia harganya bisa dibilang masih tergolong mahal, karena masih berkisar 4 jutaan lebih.