1/23/2012

Berbagi Koneksi Internet Dengan Wireless 3G-6200n Broadband Router Yang Dilengkapi Print Server




Jika anda memiliki 3G/3,5G/EVDO Rev.A/EVDO Rev.B USB modem dan menjadi pelanggan kartu prabayar untuk paket internet unlimited berdasarkan quota download atau speed download tidak ada salahnya mencoba produk edimax 3G-6200n. Karena dengan teknologi yang dimiliki perangkat ini, anda dapat berbagi koneksi internet di rumah anda. 3G-6200n kompatibel dengan perangkat wireless standar IEEE802.11b/g dan n. Kecepatan transmisi data wireless dapat mencapai hingga 150Mbps dan jangkauan sinyalnya 3 kali lebih baik dari router 802.11g/b.

Spesifikasi bisa anda lihat di spesifikasi lengkap

Selain sebagai 3G router, alat ini memiliki fungsi lainnya yaitu Broadband router dan print server.

Fungsi 3G Router
Saya sudah pernah mencoba dan berhasil dengan beberapa jenis USB modem, seperti : Huawei EC167 (AHA), AC2791 (Smartfren), Option GI0322, Olive (AHA) dan Huawei E1550. Untuk daftar kompatibel hardware yang lebih lengkap, silahkan klik link ini Compatibility

Menu Pengaturan APN 


Fungsi Broadband Router dan Access Point Nirkabel
Jika anda telah menggunakan layanan internet seperti speedy, fasnet, biznet atau lainnya. Alat ini bisa digunakan sebagai access point nirkabel.


Menu Pengaturan WAN 

Menu Wireless > Basic Setting
Fungsi Print Server
Apabila anda memiliki komputer dengan koneksi USB, alat ini bisa dimanfaatkan sebagai print server. Caranya yaitu hubungkan kabel USB printer ke USB port 3G router dan anda dapat tidak perlu bersusah payah memindahkan printer. Untuk menggunakan fungsi ini lihat pada kompabilitasnya karena tidak semua jenis printer support, karena ini hanya fungsi tambahan.

author : Arif H Sanjaya
Previous Post
Next Post

46 comments:

  1. saya pakai modem aha, dan mencoba router di atas tapi untuk setting ispnya tidak muncul isp aha...dan modem disconect terus. pencerahannya dong om...:)

    ReplyDelete
  2. Maaf, memang untuk ispnya tidak ada di list. Namun anda cukup mengisikan username : aha@aha.co.id dan passwordnya : aha, service : CDMA dan AT Dial Script : #777. Lalu klik Apply, kemudian akan muncul halaman save settings successfully dan klik Apply. Router akan restart tunggu selama 30 detik.

    coba anda cek, apakah berapa versi firmware yang anda gunakan dan tipe modem. Silahkan tulis email anda pada komentar dan saya akan mengirimkan firmware dan panduan cara upgrade dan setting apn. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. maaf sy mau minta tolong bantuannya Pak Arif, sy punya edimax 3G-6200n, dan ingin menghubungkan dengan modem smartfren seri AC682 UI V2.15 tetapi kq tetap tidak bisa? apakah memang tidak kompatibel? karena sy baca di web Edimax-nya untuk yg firmware terbaru v2.20 tidak tercantum list modem tsb, jg di firmware yg lama v2.12
    Untuk catatan sy belum pernah meng-upgrade firmware dari edimax itu sendiri dari awal sy beli.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, pak ke alamat email mana saya bisa memberikan firmware terbaru v2.25i yang sudah support sampai modem rev. b dan panduan upgrade firmwarenya. Bagi rekan-rekan yang butuh info silahkan meninggalkan alamat email anda, agar saya dapat memberikan jawaban langsung ke email anda

      Delete
    2. oke Pak, minta tolong diemailkan ke angel4jc@yahoo.com ya Pak, sebagai informasi modem sy itu baru rev.a Pak.
      Terimakasih

      Delete
    3. Maaf account email anda tidak valid, jadi saya tidak bisa mengirim email

      Delete
    4. oya maaf Pak Arif, alamatnya kurang lengkap, itu angel4jc_chn@yahoo.com
      sy minta tolong bt diemailkan ya Pak, sy tunggu Pak
      Terimakasih

      Delete
  4. Dear Pak Arif,
    Mau tanya, untuk modem tipe Huawei EC-156 apakah bisa digunakan di edimax 3G-6200n?
    Jika bisa, minta tolong ya pak untuk diemail firmware yg versi terbaru ke heryantoaan@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Sudah Saya kirim mas, maaf respon saya lambat

    ReplyDelete
  6. maaf pak arif yg saya hormati..saya boleh minta firmware utk smartfren AC-682 versi yang terbaru..mohon dikirimkan ke alamat email saya kalau anda memperbolehkan goven46@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. Asalamualaikum, kang arif mohon pencerahannya.

    saya pernah mendengar router 3g-6200n bisa di hubungkan dengan 2 modem sekaligus (Modem 3G & ADSL).
    saya punya router 3G-6200n, modem flexi & speedy, caranya settingnya seperti apa ya ???
    radhipka@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  8. Mohon bantuannya Pak Arif... saya menggunakan router edimax 3g-6200n dengan modem smartfren haier ce81b rev.b, awalnya modem tidak terdeteksi samasekali lalu saya download firmware dari situs resmi versi 2.25 hasilnya modem mulai terdeteksi (kadang tidak), tapi tidak bisa connect.
    saya baca di atas ada firmware versi 2.25i, apa bedanya dengan 2.25 yang di situs resmi?
    mohon die-mailkan ke e-mail saya karunia_coklat@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Hartono email, sudah saya kirim. Silahkan di cek

      Delete
  9. Pak arif, saya butuh bantuan untuk update firmware modem 2.25i. Bisa dikirim ke parycool@hotmail.com. trims pak.

    ReplyDelete
  10. Pak pary, request yang anda minta sudah saya kirim

    ReplyDelete
  11. Thanks pak atas firmwarenya. Share saja, untuk koneksi Smartfren CE18 (Conex Evo RevB.) firmware yang mesti digunakan adalah yang versi D. Kalau setelah update dan setting modem dan router masih belum terkoneksi, reset akan membantu.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih kembali pak atas sarannya, semoga ini bisa menjadi wawasan bagi pembaca di blog ini.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih Pak atas firmwarenya versi 2.25i tapi itu tidak membantu.. modem saya smartfren ce18b(rev.b) terdeteksi tapi tidak bisa connect, akhirnya saya putus asa dan router saya taruh saja...

    baru saja browse ke situs resmi ada firmware baru 2.26, langsung saya download dan upgrade.. ada kemajuan sudah bisa connect, tapi kadang modem terdeteksi sebagai qualcomm sehingga harus restart2...

    saya tertarik dengan firmware versi D milik Pak Pary bisa tolong diemailkan ke saya Pak...
    Tapi terlepas dari itu ternyata ada masalah baru yang walaupun modem terdeteksi sempurna dan bisa connect sempurna yaitu router ini tidak autoconnect jadi saya harus hidupkan komputer dan connect secara manual...(saya lihat tidak ada opsi untuk connect secara otomatis, mungkin kalau ada Pak Arif bisa bantu, barangkali saya yg kurang cermat..)

    ReplyDelete
  14. Silahkan meninggalkan email pak, jadi saya bisa langsung kirim ke email anda

    ReplyDelete
  15. karunia_coklat@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. pakn setiap saya mau ganti mode dan ssid,. tidak bisa masuk kemenu basic sistem kenapa ya.,, tlong bantuannya.,

    ReplyDelete
  17. Tapi apakah anda sudah berhasil login ke menu router? Berapa versi firmware yang anda gunakan ? Usahakan lakukan clear cookies dan coba kembali. Jika belum berhasil tinggalkan komentar kembali.

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk smartfren TR8881 koq belum bisa sukses dengan cara diatas ya, padahal sudah aku ganti user dan pasw smartfren ;smartfren sesuai buku panduan.
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong cek firmwarenya versi berapa ? Trus tinggalkan alamat email anda biar saya kirim firmware baru

      Delete
  19. Pak Arif modem saya smartfren ce0682 (Huawei ec 306 evdo rev b), saya sudah pakai firmware v2.28 tidak bisa konek, please help

    ekoisoke@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya email firmwarenya versi 28e silahkan di coba

      Delete
  20. pak arif,saya mw minta firmware buat modem smartfren
    versi mana aja yg penting bisa connec..

    rozyet84@gmail.com
    trim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya email firmwarenya mas Rozy

      Delete
  21. salam kenal pak arif, mohon dikirimkan firmware untuk modem smartfren ac2726 ui, edimax nya gak bisa connect internet. terimakasih sebelumnya. kret4_kil4t@yahoo.com -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim firmware baru, tolong di cek. Jgn lupa untuk setting APN dan dial untuk CDMA yaitu #777

      Delete
  22. salam pak arif..sy minta firmware baru donk untuk modem sierra aircard 312u.oh ya saya pake 3g 6200nl v2..sy udah coba tapi gak bisa.thanks alot.. my email: willempang@aol.com

    ReplyDelete
  23. mohon di kirim firmware smartfren AC782 pak arif, kmaren di tes APN-nya = smartfren, tapi gak bisa internet. trimakasih kret4_kil4t@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. Pak Arif saya juga minta frimeware yg support ke CE81B saya sudah pake v2.29 tapi ga bisa, mminta tolong kirim ke email gugun_com@yahoo.com

    ReplyDelete
  25. permisi pak Arif, saya memiliki modem smartfren ce18b tetapi tidak bisa konek (berkedip) di laptop saya yang memakai windows 8.1. mohon bantuannya pak Arif
    email : fikisaragih@gmail.com

    ReplyDelete
  26. permisi pas Arif, saya Fiki. Saya pengguna modem smartfren ce18b, dan masalah saya adalah ketika modemnya dicolokin, modem saya tidak mau connect (berkedip). itu bagaimana ya pak?
    mohon bantuannya pak, trimakasih Pak
    email : fikisaragih@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Saya pengguna smartfren EC176-2, mohon dikirimkan firmware windows 7 yang sesuai dengan perangkat tersebut. terima kasih sebelumnya :
    akoe0387@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Met kenal pak Arif
    Saya menggunakan modem SmartFren live smart (smartfren AR918B) mini router EV-DO Rev. B
    kemudian akan saya hubungkan dengan router Edimax 6200n tapi tdk bias. firmware edimax v2.20
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. saya menggunakan modem aha huawei ec 167 saya hubungkan dengan router edimax 3g 6200nl v2 firm ware v 1.08 status pada WAN connect, tp lampu WAN tidak hidup, tidak bisa koneksi internet tolong pencerahannya ya di email saya asriuyud@gmail.com, terimakasih

    ReplyDelete
  31. gan/min ruoter na support sama jaringan tree gak?? slnya pas pkai kartu tree ga ada plihan untk setingan kartu tree,

    ReplyDelete
  32. sy minta tolong, peenjelasannya st punya router edimax 3g 6200n Dan 3 USB modem Huawei : e303, e173, e153 firmware yg mn compatible dgn ke3 modem sy trimakasih
    email:harmonicadiatonic@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam