Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 7 January 2012

Bagaimana Cara Setting BR-6225HPn Sebagai Access Point

Artikel ini dibuat untuk mempermudah anda melakukan pengaturan perangkat BR-6428nS sebagai Access Point. Adapun caranya ikutilah langkah-langkah sebagai berikut :

1. Persiapkan perangkat anda, seperti : PC/notebook, Kabel Ethernet, Modem ADSL/Modem dari    Internet Service Provider anda.
2. Hubungkan perangkat tersebut seperti gambar di bawah ini.
       Keterangan : garis kuning adalah kabel ethernet (straight)

3. Settinglah PC/notebook anda menjadi obtain IP address automatically, caranya :
-      Klik Start Menu > Control Panel > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings > Klik  Kanan Local Areal Connection pilih Properties.




-          Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4), lalu klik Properties.


      -    Pilih Obtain an IP address automatically, untuk mengakhiri klik OK.


4. Buka Internet Explorer Browser anda, dan ketiklah default ip address router BR-6428nS pada Address, lihat gambar di bawah.

                       

5. Anda akan terhubung dengan layar LOGIN seperti di bawah, masukkan User name : admin dan password : 1234. Jangan lupa untuk menonaktifkan Capslock.


6. Setelah terhubung dengan router anda akan melihat menu utama “Home”, seperti gambar di bawah.



7.  Klik General setup > pilih LAN.



8. Yang perlu diperhatikan dalam pengaturan ini adalah  apakah anda ingin menyamakan segmen IP address pada  jaringan LAN. Misal modem ADSL anda memiliki IP address 192.168.1.1 atau mungkin 192.168.0.1, maka anda bisa melakukan perubahan untuk ip router edimax menjadi 192.168.1.2 atau 192.168.0.2 dan ubahlah kolom IP Address (IP address default untuk produk edimax). Aktifkan DHCP server, hal ini bertujuan agar saat PC/notebook anda terhubung ke komputer maka secara otomatis akan mendapat IP address dari perangkat router edimax. Pengaturan DHCP Server tujuannya adalah untuk menetapkan jumlah IP address untuk PC/notebook sebagai Client. Penentuannya berdasarkan jumlah PC/notebook yang akan dihubungkan ke router edimax. Misal anda memiliki 100 unit PC/notebook, maka anda perlu mengatur IP address dimulai dari 192.168.2.100 sampai 192.168.2.200 seperti yang ada pada gambar di bawah. Namun yang perlu diperhatikan jika dipengaturan router ADSL anda telah ada ketentuan range DHCP IP address, maka anda harus menyamakannya dengan peangaturan yang sesuai dengan router ADSL anda. Jika anda telah melakukan pengaturan ini, Klik Apply dan dilanjutkan dengan klik Continue untuk melangkah ke pengaturan selanjutnya.




9. Setting Wireless, pada menu General Setup pilih Wireless > pilih Basic Settings > pilih Access Point mode. Ubahlah nama ESSID sesuai yang anda inginkan, misal : My Home. Pilih nomer channel, usahakan jangan menggunakan channel yang sama dengan wireless tetangga  anda karena hal ini akan mengganggu pemancaran sinyal wireless dan terkadang akan menyebabkan koneksi wireless anda terputus sementara. Klik Apply, lalu klik Continue untuk melanjutkan ke pengaturan berikutnya.





10. Lakukan pengaturan Security Setting tujuannya adalah untuk melindungi wireless anda dari penyalahgunaan oleh orang lain (tetangga). Pada Menu General Setup > pilih Wireless > pilih Security Settings.



Ubahlah Encryption menjadi Enable > Lalu pilih Encryption WPA-preshared key dan untuk WPA Unicast Cipher Suite pilihlah WPA2 Mixed > Pre-shared Key Format : Passphrase. Isi kolom Pre-shared Key sesuai dengan keinginan, perlu diingat bahwa  Pre-shared Key adalah password/key yang dibutuhkan saat anda ingin terhubung dengan router edimax. Jadi password tersebut sebaiknya dicatat dan disimpan dengan baik. Klik Apply untuk menyimpan pengaturan.



Dan klik Apply untuk melakukan restart router agar semua pengaturan yang telah kita lakukan akan diterapkan setelah proses restart berlangsung.


11. Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai, kemudian cobalah menghubungkan PC/notebook anda ke wireless router anda. Jika anda diminta untuk memasukkan security key, maka masukkan password seperti yang telah anda buat pada pengaturan secutiry settings.

0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam