1/08/2012

Bagaimana Cara Mengecek Status Koneksi Internet di Windows 7


Dalam kesempatan ini saya akan memeberitahukan cara mudah dan cepat untuk mengetahui status koneksi internet yang anda gunakan. Kebetulan dalam kesempatan ini saya bisa online menggunakan menggunakan USB modem CDMA yang lumayan cepat. Dengan melakukan pengecekan tersebut kita akan mendapatkan informasi mengenai koneksi yang berguna bagi anda untuk memahami status jaringan dan juga memudahkan anda menangani masalah koneksi jaringan.

Ikutilah langkah-langkah berikut ini :
1. Cari ikon jaringan yang akan ditampilkan di sudut kanan area taskbar, klik ikon tersebut dan klik kanan sambungan jaringan yang terhubung, kemudian klik pada Status. Dalam contoh ini, saya menggunakan koneksi USB modem CDMA.


Gambar 1
Catatan: Jika anda tidak terhubung dengan jaringan apapun, maka anda tidak akan dapat menemukan dari ikon jaringan seperti gambar di atas. 



2. Layar status koneski akan muncul dengan menampilkan informasi umum sebagai berikut: konektivitas IPv4, IPv6, Status Media, durasi, kecepatan dan juga byte yang telah dikirim dan diterima. Anda dapat melanjutkan untuk mengklik "Details..." untuk info lebih lanjut.


Catatan: Jika anda hanya melihat bytes yang terkirim (Send), tetapi bytes yang diterima (Received) terbatas, kemungkinan hal itu terjadi karena anda tidak terhubung dengan benar pada jaringan. Dalam kasus ini, anda harus klik tombol Diagnose (diagnosa) untuk memecahkan masalah tersebut.

3. Setelah Anda mengklik tombol Details , layar koneksi jaringan akan muncul untuk menunjukkan rincian info, seperti alamat IP, alamat MAC, subnet mask, default gateway, DHCP status, DNS server dll.


Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat...  :)

author : Arif HS




Previous Post
Next Post

0 komentar:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam