Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 7 January 2012

Cara Wiring Kabel Ethernet UTP CAT5


Kabel Ethernet UTP CAT5 (category 5) atau yang sering juga disebut kabel LAN atau kabel jaringan memiliki fungsi sebagai penghubung antara perangkat pendukung jaringan (seperti : router, switch, hub, modem, print server, projector dan sebagainya)  dengan perangkat pengguna (seperti : PC, notebook, NAS, NVR, Printer IP, Telepon IP dan sebagainya). Kabel Ethernet UTP CAT5 ini paling sering digunakan untuk jaringan Fast Ethernet , seperti 100BASE-TX dan 1000BASE-T dengan maksimum jarak 100 m (328 feet). 
Kabel Ethernet UTP CAT5 pada dasarnya dua tipe diagram pengkabelan (wiring) yaitu straight, dan crossover. Namun setelah saya tidak sengaja menemukan literatur lainnya
(http://www.peakelec.co.uk/content/ethernet.html) ternyata kita bisa melakukan beberapa wiring sesuai 
dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa saya bagikan beberapa tipe pengkabelan (wiring).

1. Diagram Pengkabelan Straight (8 kabel atau 4 pair kabel), kabel ini digunakan saat anda akan menghubungkan :
    - Port LAN Modem ADSL ke Port WAN Wireless Router
    - Komputer/notebook ke port LAN Router
    - Komputer/notebook ke port Switch/Hub 
    - Port LAN router ke port uplink switch/hub (umumnya untuk menambahkan jaringan).
    - Dua switch/hub, antara port LAN dan port uplink.


Gambar 1

2. Diagram Pengkabelan Straight (4 kabel atau 2 pair kabel), kabel ini digunakan apabila salah kabel Ethernet UTP CAT5 anda ada yang terputus. Jadi anda bisa tetap menggunakan kabel tersebut dengan cara melakukan pengkabelan (wiring) seperti gambar di bawah. Fungsi kabel ini sama dengan kabel straight 4 pair yang telah disebutkan di atas.


Gambar 2
3. Diagram Pengkabelan Crossover (8 kabel atau 4 pair), kabel ini digunakan saat anda akan menghubungkan : 
    - Dua unit komputer/notebook secara langsung tanpa switch
    - Port LAN router dengan port switch/hub
    - Dua switch/hub yang berbeda dengan port normal


Gambar 3

4. Diagram Pengkabelan Crossover (4 kabel atau 2 pair kabel), kabel ini digunakan apabila salah kabel Ethernet UTP CAT5 anda ada yang terputus. Jadi anda bisa tetap menggunakan kabel tersebut dengan cara melakukan pengkabelan (wiring) seperti gambar di bawah. Fungsi kabel ini sama dengan kabel crossover 4 pair yang telah disebutkan di atas.


Gambar 4

5. Diagram pengkabelan ekonomis yaitu dengan kabel CAT 5 anda bisa membuat sebuah pencabangan (spliter). Hal ini dilakukan apabila anda memiliki switch/hub 4 port, namun komputer di kantor anda ada 6 unit. Yang perlu anda lakukan adalah persiapkan kabel ethernet CAT5 sepanjang satu meter, 1 pcs RJ45 konektor dan 2 port RJ45 konektor box. Ikutilah pengkabelan seperti gambar di bawah. Di sisi sebelah kiri anda hubungkan ke switch dan 2 port RJ45 yang ada disebelah kanan anda hubungkan ke komputer dengan kabel straight 2 pair seperti pada gambar 2.


Gambar 5.

6. Diagram pengkabelan Voice/Data


0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam