Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 26 February 2012

Apa Yang Dimaksud Port Forwarding ?

Port forwarding atau pemetaan port adalah nama yang diberikan untuk teknik gabungan. Tujuannya memungkinkan port jaringan yang telah ditetapkan (asumsi protokol seperti TCP dan UDP, meskipun proses ini tidak terbatas) pada host dalam penyamaran NAT, biasanya jaringan pribadi, berdasarkan nomor port di mana ia diterima di gateway dari host asal. Port forwarding memungkinkan pengendalian komputer, misalnya dari Internet  untuk menghubungkan ke komputer tertentu atau kamera ip  dalam jaringan area lokal (LAN). 

Ada beberapa konsep yang perlu anda ketahui sebelum dapat memahami port forwarding. Saya akan membuat memberi penjelasan yang hampir selalu benar. Untuk kesederhanaan mari kita asumsikan itu benar untuk saat ini.

1.) Setiap perangkat di internet memiliki minimal satu alamat ip. Alamat IP adalah sekumpulan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alamat ip anda saya sarankan kunjungi situs http://whatismyipaddress.com.

2.) Setiap Alamat IP terbagi menjadi banyak port. Ketika satu komputer mengirim data ke komputer lain, mengirimnya dari port di alamat ip ke port pada sebuah alamat ip. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan baca artikelnya di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_TCP_and_UDP_port_numbers

3.) Sebuah Port hanya dapat digunakan oleh satu program pada satu waktu.

9 comments:

  1. Mas saya sudah melakukan semua itu tapi IP Cam Edimax saya yg IC-3030 cuma bisa dilihat di jaringan LAN. begitu saya pulang konek pakai internet tidak bisa konek karena Connection was reset. Padahal saya sudah sampai daftar DDNS lho. Koneksi yang saya pakai adalah Fastnet.

    ReplyDelete
  2. tolong anda rincikan lebih jelas mengenai kronologi pengaturan yang telah anda lakukan. Dan paket fastnet yang anda gunakan. Untuk mendapat bantuan secara teknis kirim via email ke idsupport@edimax.com.sg

    ReplyDelete
  3. Saya, setelah memasang IP Cam saya pada router, lalu melakukan konfigurasi IP. Setelah itu saya melakukan forwarding port 80 & 554 melalui router. Selanjutnya saya lalu membuatkan ddns untuk kamera.
    ketika dipanggil melalui ddns menggunakan jaringan LAN yang terkoneksi internet maka kamera dapat diview langsung. Tapi begitu saya menggunakan jaringan internet dan pindah ke jaringan yang tidak terkoneksi LAN yang sama maka yang saya dapat ada Connection Time Out.

    ReplyDelete
  4. Yang perlu anda ketahui port 80 adalah default port HTTP, umumnya jika menggunakan fastnet port tersebut di block. dan 554 adalah default port untuk RTSP. Untuk memastikan port forwarding anda sudah sukses silahkan cek ke http://canyouseeme.org. Jika berhasil anda akan mendapat pesan "Success", jika tidak akan tampil pesan "Error"

    ReplyDelete
  5. Semua port diblok mas. Apakah ada cara untuk membukanya. Soalnya saya telepon ke CSnya Fastnet minta dibuka bloknya. Malah CSnya ngeyel katanya justru karena IP Dynamic, mereka ga ngeblok port. Terima Kasih Mas sudah ditanggapin.

    ReplyDelete
  6. kalo fastnet yang 2mbps saya pernah lakukan open port dengan metode port forwading maupun Virtual servel di router bisa ke buka. Tapi kalo yang layanan untuk 2mbps ke bawah belum pernah nyoba mas

    ReplyDelete
  7. pakai port 8000 keatas aja gan.... saya memakai fastnet juga ko dan berhasil waktu port forwardingny memakai port tersebut.... yg saya tahu fastnet ngeblock semua port antara 0-1024... untuk cs fastnet memang kurang faham ttg hal ini maklumin saja mas... hehe mereka dibekali dengan ilmu jaringan seadanya aj ko regard

    ReplyDelete
  8. Numpang tanya...apakah sistem kerja dari port mapping,trigering dan forwading mempunyai sistem kerja yg sama
    Thx

    ReplyDelete
  9. pakai port 4 angka misal kan 8080 , 8085 dst ,,,biasa nya port 80 di pakai sama modem [ ip publik : 8080 ]

    ReplyDelete

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam