Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Friday, 24 February 2012

Mengenal Istilah Networking Bagian 2

Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus diberikan alamat IP untuk semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
DHCP Options adalah tambahan pengaturan alamat IP yang diberikan oleh DHCP ke DHCP client. Ketika sebuah klien meminta alamat IP kepada server, server akan memberikan paling tidak sebuah alamat IP dan alamat subnet jaringan. DHCP server juga dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa agar memberikan tambahan informasi kepada klien, yang tentunya dapat dilakukan oleh seorang administrator. DHCP Options ini dapat diaplikasikan kepada semua klien, DHCP Scope tertentu, atau kepada sebuah host tertentu dalam jaringan.

Network Attached Storage  adalah penyimpanan data komputer terstruktur yang terhubung ke jaringan komputer dan menyediakan akses data ke  berbagai klien. NAS tidak hanya beroperasi sebagai file server , tetapi khusus dijalankan dengan perangkat keras, perangkat lunak, atau konfigurasi elemen-elemen. NAS sering dianggap sebagai komputer khusus yang dibangun dari awal untuk menyimpan dan meyediakan file , bukan sekadar komputer pada umumnya yang digunakan sesuai peranan. 

Wi-Fi Multimedia disebut juga Wireless Multimedia Extensions (WME), adalah Wi-Fi Alliance sertifikasi interoperabilitas, didasarkan pada IEEE 802.11e standar. WMM menyediakan dasar Kualitas layanan (QoS) fitur untuk jaringan IEEE 802.11 dan memprioritaskan lalu lintas menurut empat Kategori Access Category (AC) suara, video, best effort, dan background. Namun, tidak memberikan jaminan throughput yang cukup. Sangat cocok untuk aplikasi sederhana yang membutuhkan QoS, seperti Voice over IP (VoIP) pada ponsel Wi-Fi ( VoWLAN ).

Media Access Control Address adalah tanda pengenal unik yang ditugaskan sebagai antarmuka jaringan untuk komunikasi pada segmen jaringan fisik. Alamat MAC banyak digunakan untuk teknologi jaringan dan IEEE 802 teknologi jaringan, termasuk Ethernet . Logikanya, alamat MAC yang digunakan dalam Media Access Control protokol sub-lapisan model referensi OSI . Alamat MAC yang paling sering diberikan oleh produsen kartu antarmuka jaringan (NIC) dan disimpan dalam perangkat keras, kartu  read-only memori, atau beberapa mekanisme firmware lain. 

Firmware adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan, tetap biasanya agak kecil, program dan / atau struktur data yang kontrol internal berbagai perangkat elektronik. Khas contoh perangkat yang mengandung berbagai firmware dari pengguna akhir produk seperti remote kontrol atau kalkulator , melalui bagian-bagian komputer dan perangkat seperti hard disk , keyboard , layar TFT atau kartu memori , semua jalan keinstrumentasi ilmiah dan industri robotika . Juga perangkat konsumen yang lebih kompleks, seperti ponsel , kamera digital , synthesizer , dll, berisi firmware untuk mengaktifkan operasi dasar perangkat serta melaksanakan fungsi-fungsi tingkat tinggi.

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) adalah jenis teknologi Digital Subscriber Line , teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data lebih cepat melalui tembaga saluran telepon dari konvensional voiceband modem dapat menyediakan. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan frekuensi yang tidak digunakan oleh suara panggilan telepon . 


ITU G.992.5 adalah ITU ( International Telecommunication Union ) standar, juga disebut sebagai ADSL2 + atau ADSL2Plus . Komersial itu adalah penting untuk kecepatan download maksimum teoritis dari 24 Mbit / s . ADSL2 + memperluas kemampuan dasar ADSL dengan menggandakan jumlah hilir bit . Tingkat data dapat setinggi 24  Mbit/s downstream dan sampai dengan 1,4 Mbit/s upstream tergantung pada jarak dari DSLAM ke tempat pelanggan.

Point-to-Point Protocol over Ethernet ( PPPoE ) adalah protokol jaringan untuk mengenkapsulasi Point-to-Point Protocol (PPP) di dalam frame layer Ethernet. Hal ini digunakan terutama dengan layanan DSL  di mana pengguna individu terhubung ke modem DSL over Ethernet dan di area jaringan Ethernet Metro  .

Universal Resource Locator ( URL ) adalah spesifik string karakter yang merupakan referensi ke sebuah sumber daya internet .

Institute of Electrical dan Electronics Engineers ( IEEE , baca I-Triple-E ) adalah non-profit asosiasi profesional yang berkantor pusat di New York City yang didedikasikan untuk memajukan inovasi dan keunggulan teknologi. Organisasi Ini memiliki lebih dari 400.000 anggota di lebih dari 160 negara, sekitar 45% di antaranya berada di luar Amerika Serikat

Universal Plug and Play ( UPnP ) adalah suatu pengaturan protokol jaringan untuk jaringan terutama perumahan tanpa perangkat kelas enterprise yang memungkinkan jaringan perangkat , seperti komputer pribadi, printer, gateway internet, Wi-Fi jalur akses dan perangkat mobile untuk memudahkan mengenali satu sama lain pada jaringan dan membangun fungsional layanan jaringan untuk berbagi data, komunikasi, dan hiburan.

Upstream mengacu ke arah di mana data dapat ditransfer dari klien ke Server ( upload ). Ini sangat berbeda dengan downstream tidak hanya dalam teori dan penggunaan, tetapi juga dalam kecepatan hulu biasanya pada premium. Bahwa kecepatan hilir penting untuk pengguna rumah rata-rata untuk tujuan men-download konten, upload digunakan terutama untuk web Server aplikasi dan proses yang serupa di mana pengiriman data sangat penting. Kecepatan upstream juga penting untuk pengguna peer-to-peer .

Downstream mengacu pada data yang dikirim dari penyedia layanan jaringan untuk pelanggan. Meskipun voiceband modem terbaik disebut 56 kbit/s modem , kecepatan downstream dapat terbatas pada beberapa puluhan kilobit per detik dengan kecepatan upstream yang bahkan lebih rendah.
Internet Protocol versi 6 ( IPv6 ) adalah sebuah versi dari Internet Protocol (IP). Hal ini dirancang untuk menggantikan Internet Protocol versi 4 (IPv4). Para internet beroperasi dengan mentransfer data antara host di kecil paket yang independen diarahkan melalui jaringan sebagaimana ditentukan oleh internasional protokol komunikasi yang dikenal sebagai Internet Protocol.

Simple Network Management Protocol ( SNMP ) adalah sebuah "internet-protokol standar untuk mengelola perangkat pada jaringan perangkat IP yang biasanya mendukung SNMP termasuk router, switch, server, workstation, printer, rak modem, dan banyak lagi. Hal ini digunakan sebagian besar dalam sistem manajemen jaringan untuk memonitor perangkat jaringan yang menjamin perhatian administratif.
SNMP adalah sebuah komponen dari Internet Protocol Suite seperti yang didefinisikan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Ini terdiri dari satu set standar untuk manajemen jaringan, termasuk layer aplikasi protokol , skema database , dan satu set objek data . 

File Transfer Protocol adalah sebuah protokol Internet yang berjalan didalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file)komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP

Service Set Indentifier ( SSID ) adalah nama yang mengidentifikasi LAN nirkabel 802.11 tertentu. Sebuah perangkat klien menerima pesan pemancar dari semua jalur akses dalam jangkauan nama SSIDs mereka. Perangkat klien maka dapat secara manual atau secara otomatis berdasar pada konfigurasi yang dipilih jaringan yang terhubung. SSID bisa sampai 32 karakter. Tugas SSID menampilkan kepada pengguna, biasanya terdiri dari karakter yang terbaca orang. Namun, pada umumnya hal ini tidak diperlukan. SSID didefinisikan sebagai urutan 2-32 oktet masing-masing dapat dikombinasi dengan karakter apapun.

Network Video Recorder ( NVR ) adalah sebuah perangkat dengan program software yang mencatat video dalam format digital ke disk drive , USB flash drive , SD kartu memori atau perangkat penyimpanan massal .NVR mirip dengan DVR tetapi ada beberapa perbedaan. NVR mengambil input video melalui jaringan, langsung menghubungkan ke NVR melalui video capture card atau tuner . Perbedaan utama adalah video yang di DVR dikodekan dan diproses pada DVR, sementara video pada perangkat NVR adalah dikodekan dan diproses pada kamera, dan dialirkan ke NVR untuk penyimpanan atau remote viewing. Sebuah NVR tidak berisi perangkat keras video capture khusus. Namun perangkat lunak biasanya berjalan pada perangkat khusus, biasanya dilengkapi dengan sistem operasinal, sehingga sering terjadi kekeliruan NVR disebut DVR.

Samba adalah software gratis yang diimplementasi ulang, Sebetulnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell, SMB/CIFS protocol jaringan. Untuk versi 3, Samba menyediakan file dan pelayanan print untuk berbagai klien Microsoft Windows dan dapat diintegrasikan dengan Windows Server domain, baik sebagai Primary Domain Controller (PDC) atau anggota domain. Dapat juga dijadikan sebagai bagian domain Active Directory. Samba berjalan hampir disemua sistem Unix dan seperti Unix, seperti GNU/Linux, Solaris, AIX dan beberapa jenis BSD, termasuk Apple's Mac OS X Server (yang telah diisikan pada Mac OS X client pada versi 10.2).

Network Address Translation (NAT) adalah sebuah router yang menggantikan fasilitas sumber dan (atau) alamat IP tujuan dari paket IP karena melewati jalur router. Hal ini paling sering digunakan untuk mengaktifkan beberapa host di jaringan pribadi untuk mengakses internet dengan menggunakan satu alamat IP publik. NAT ada 2 jenis yaitu:
1. Sumber(source) NAT atau srcnat. Jenis NAT dilakukan pada paket yang berasal dari natted jaringan. Router A NAT akan mengganti sumber alamat IP dari sebuah paket dengan alamat IP baru publik karena perjalanan melalui router. A setiap operasi diterapkan ke paket balasan dalam arah lainnya.

2. Tujuan(destination) NAT atau dstnat. Jenis ini dilakukan pada paket yang ditujukan ke natted jaringan. Hal ini umumnya digunakan untuk membuat host di jaringan pribadi untuk dapat diakses dari Internet. router A NAT melakukan dstnat menggantikan alamat IP tujuan dari sebuah paket IP karena perjalanan melalui router terhadap jaringan pribadi.


decibel (dB) adalah satuan logaritma yang melambangkan rasio kualitas fisik (biasanya berkaitan dengan tegangan atau intensitas) relative untuk  reference level. dB(isotropic) – Penguatan sebuah antenna yang dibandingkan dengan antena  hypothetical isotropic , dimana keseragaman distribusi energi ke segala arah. Polarisasi Linear lahan EM diasumsikan, kecuali tak tercatat.

Virtual Private Network ( VPN ) adalah jaringan yang menggunakan infrastruktur telekomunikasi terutama publik, seperti Internet, untuk menyediakan kantor remote atau pengguna bepergian akses ke jaringan organisasi pusat. VPN biasanya membutuhkan pengguna remote dari jaringan yang akan dikonfirmasi, dan sering data yang aman dengan teknologi enkripsi untuk mencegah pengungkapan informasi pribadi kepada pihak yang tidak berhak. 

ASCII (American Standard Code for Information Interchange) untuk Lebih mudahnya, file ASCII adalah istilah lain dari file teks. Pesan pada e-mail, newsgroup, dan dokumen HTML merupakan contoh dari file ASCII.

Binary File yaitu File yang berisi lebih dari sekadar  huruf teks biasa. File gambar, suara, dokumen pengetikan (word processing), dan  program aplikasi adalah beberapa contoh dari file binary.

Cache yaitu tempat penyimpanan lokal untuk file jaringan

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

HDMI (High-Definition Multimedia Interface)  adalah salah satu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).










0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam