Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 17 March 2012

Mengembalikan Data Yang Sudah Terhapus di USB Flash Drive

USB Flash drive atau yang sering disebut flash disk merupakan kartu memori flash berukuran kecil yang berfungsi sebagai portable hard drive (media penyimpanan) dengan kapasitas hingga 16 GB. USB flash drive mudah diggunakan karena bentuknya yang kecil bisa dibawa dalam saku dan dapat dicolokan ke port usb semua komputer. USB flash drive memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil daripada hard drive eksternal, tetapi lebih tahan lama karena mereka tidak lempengan disk yang bergerak.

Perangkat ini umumnya digunakan untuk menyimpan data atau file pribadi. Dapat menyimpan berbagai format file, seperti dokumen, gambar, musik, video, setup file dan lain-lain. Namun apa yang terjadi jika data atau file pribadi yang anda simpan di dalam flash drive tersebut hilang dan kebetulan anda belum mem-backupnya. Tentunya  anda akan merasa panik dan bingung mencari cara bagaimana mengembalikan data tersebut.

Ada beberapa faktor penyebab umum hilanganya data pada USB flash drive :
- Tanpa sengaja USB flash drive terformat 
- Serangan virus
- Terjadinya lonjakan tegangan dan hubungan singkat arus   
- Mencabut USB flash drive dari komputer dengan cara yang tidak benar
- Seseorang sengaja menghapus file dari USB flash drive

Untuk mengatasi permasalahan di atas, ada solusi yang bisa membuat anda tersenyum kembali karena ada sebuah software yang disebut Easus Data Recovery Wizard. Software ini akan membantu anda untuk mengembalikan data anda yang telah hilang dan anda diberi batas maksimum 1Gb. Ikutilah langkah-langkah berikut ini, jika data anda hilang karena terhapus :
1. Download software tersebut, klik Download
2. Install software hingga selesai 
3. Jalankan Easus Data Recovery Wizard Free, dengan cara klik ganda pada shortcut di layar dekstop anda

4. Saat masuk program pilih Delete File Recovery


5. Jika anda tidak mengetahui tipe data anda, pilih Search all lost files automatically. Lalu klik Next


6. Pilih lokasi USB flash drive anda, lalu klik tombol Next dan otomatis program ini akan mencari data yang telah terhapus. 


7. Jika muncul pesan yang menyatakan "Jika metode ini data tidak ditemukan atau telah rusak, silahkan   gunakan Complete Recovery" seperti gambar di bawah, klik tombol OK

8. Kemudian akan muncul daftar dari data dari flash drive anda yang pernah terhapus. Pada contoh gambar di bawah ini, saya hendak mengembailkan data "Presentasi Edimax" yang tidak sengaja terhapus. Pilih nama data, lalu klik Next.

9. Tentukan Path (lokasi penyimpanan) untuk data tersebut, lalu klik Next

 10. Setelah proses pengembalian data selesai, maka akan tampil seperti halaman di bawah. 


11. Dan untuk memastikan apakah data tersebut telah berhasil di simpan kembali di komputer, saya periksa di folder path (lokasi penyimapanan) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 Silahkan mencoba, semoga dengan tutorial ini bisa membantu kesulitan yang anda alami.

Author : Arif H Sanjaya



0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam