9/22/2012

Apa Yang Dimaksud Firmware ?




Menurut penuturan yang dimuat di wikipedia, pengertian firmware dalam bidang elektronik dan komputing adalah kombinasi dari memori persisten dan kode pemrograman yang tersimpan di dalamnya. Contoh perangkat yang mengandung firmware dan tertanam di dalam sistemnya seperti : Router, Access Point, Repeater, Network Camera, NVR dan lain-lain. Firmware yang terkandung dalam perangkat ini menyediakan program kontrol untuk perangkat. Firmware ditanamkan ke perangkat memori non-volatile seperti ROM, EPROM, atau flash memory. Alasan umum untuk update firmware yaitu untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur ke perangkat.

Seiring dengan perkembangan media Open Source, maka banyak bermunculan project firmware untuk wireless router. Alasan umum munculnya yaitu ingin merubah fitur, stabilitas dan fleksibilitas sebuah perangkat terlepas dari merek (brand) yang digunakan. Open source melambangkan sebuah kebebasan berkespresi dalam mempelajari dan mengembangkan sebuah program dengan kode etik yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa daftar para pengembang firmware wireless router :


Jika anda ingin melakukan upgrade firmware, sebaiknya anda pelajari dengan seksama mengenai dampak positif dan negatifnya. Ikutilah forum sehingga anda bisa mendapatkan informasi mengenai kompabilitas wireless router anda.
Previous Post
Next Post

1 comment:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam