Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 21 October 2012

Pengertian Plug n View Camera dan 5 Keunggulan Fiturnya

Plug & View

Sebenarnya pengembangan teknologi saat ini bertujuan untuk mempermudah para penggunanya. Dimana pengguna dapat melakukan konfigurasi perangkat sendiri tanpa harus memiliki keahlian tertentu atau lebih dikenal dengan istilah kerennya DIY (Do IT Your Self). Pengertian secara harfiah Plug n View berarti colok dan lihat. Tapi kedengarannya agak rancu dan sedikit aneh. Plug n View  Camera yaitu perangkat IP Camera yang dirancang untuk mempermudah pengguna, sehingga dapat melakukan konfigurasi sendiri tanpa bantuan seorang teknisi sekalipun. Jadi intinya anda tinggal menghubungkan Plug n View Camera ke modem/router dengan kabel ethernet, seketika itu juga anda bisa mengaksesnya melalui internet.  

Keunggulan fitur yang ditawarkan oleh Plug n View Camera nampaknya akan berdampak positif bagi pasang pasar IP Camera itu sendiri. Mengapa demikian, berikut ini beberapa keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan adalah sebagai berikut :
 1. No Need Modem/Router Configuration
Tidak memerlukan konfigurasi di modem/router, pada umumnya hal ini sering dilakukan apabila kita ingin mengakses IP camera melalui internet. Jadi walaupun anda lupa password untuk login ke modem/router tidak menjadi masalah (tidak perlu reset).
2. No Need Static IP Address
Untuk mengakses sebuah IP Camera tentunya ada beberapa hal yang anda harus ketahui yaitu IP address publik dimana camera tersebut dipasang, port HTTP dan username serta password untuk login ke ip camera. Contohnya : anda memiliki sebuah ip camera di lokasi AAA yang mendapat alokasi IP address public 280.123.123.123, port yang anda buka yaitu 8080. Maka saat anda ingin mengakses ke IP Camera tersebut anda perlu mengetik di address bar Internet explorer seperti gambar di bawah.
Contoh Mengakses IP Camera dengan IP address Public
Sekarang bayangkan jika anda tidak mendapatkan IP Address public statik, Apakah anda masih bisa mengakses camera tersebut jika IP Address telah berubah ? Jawabannya tentu tidak. Plug n View camera memiliki metode yang berbeda, kita dapat mengakses IP Camera hanya dengan mengetahui MAC Address dan setiap IP Camera memiliki MAC Address yang berbeda-beda. Lihat contoh gambar di bawah ini.

Contoh Mengakses IP Camera dengan MAC Address

3. No Need Port Forwarding
Tidak memerlukan konfigurasi Port Forwarding, dengan kata lain umumnya kita harus membuka port tertentu untuk dapat berkomunikasi dengan IP Camera. Metode port forwarding, sama halnya dengan pengaturan Virtual Server di menu NAT (Network Address Translator). Namun Plug n View Camera tetap bisa kita akses walaupun menggunakan port standar HTTP yaitu port 80.

4. No Need DDNS
Tidak memerlukan layanan DDNS (Dynamic Domain Name Server). Banyak penyedian jasa layanan DDNS yang gratis maupun berbayar. Layanan ini sebenarnya menwarkan kemudahan bagi anda yang tidak mendapatkan alokasi IP Address publik statik (IP Address Dynamic). Seperti yang pernah saya bahas mengenai layanan DDNS dari NO-IP.com, meskipun gratis kita tetap harus menginstall updater disalah satu PC tempat di mana IP camera tersebut terpasang. Namun Plug n View Camera telah terintegrasikan dengan link DDNS milik Edimax. Jadi anda tidak perlu melakukan pendaftaran DDNS.

5. Easy Live View From Mobile Phone
Mudah diakses melalui mobile phone seperti Android dan iPhone. Anda bisa mendownload gratis aplikasi Ediview di Google Play maupun App Store.
 
Model Plug n View Camera

7 comments:

  1. saya menggunakan edimax ic3005wn.deteksi pada computer sudah beres.dengan menggunakan kabel.tapi saya masih kesulitan seting tanpa kabel.tujuanya camera akan saya pasang di tiap sudut ruang .sebanyak 16 unit. kalau tiap camera harus ada 1computer kan harus ada 16 computer.
    yang ingin saya tanyakan .bagaimana caranya camera saya bekerja tanpa computer.?
    saya menggunakan internet hanya dengan modem usb,tanpa routr.apakah hal ini penyebabnya?
    demikian masbrow kendala saya tolong kasih pencerahan,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anda ingin camera bekerja tanpa komputer berarti anda harus memiliki wireless router. Fungsi Wireless router yaitu ibarat pemancar/tower telekomunikasi, kemudian ip camera dan computer itu ibarat handphone sebagai client. Agar bisa computer dan camera bisa saling komunikasi perangkat tersebut harus terhubung dengan satu jaringan atau dengan kata lain komputer terhubung dengan kabel ke wireless router sedangkan ip camera terhubung ke wireless router melalui sinyal wifi 2,4GHz. Kalo anda hanya menggunakan modem usb tanpa wirless router itulah yang menjadi penyebabnya. Karena USB modem itu sebagai client dari pemancar/tower telekomunikasi krn kita tidak dapat menghubungkan camera ke tower telekomunikasi sudah berarti usb modem dan ip camera tidak terhubung dalam satu jaringan. Akhirnya menyebabkan kedua perangkat tsb tidak bisa berkomunikasi dalam satu jaringan lokal.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mas, minta tolong banget ya.... ip camera edimax ic-3115 saya hanya bisa diakses melalui jaringan lokal /LAN dengan ip 192.168.1.3 atau wifi lokal dari router itu sendiri...... bagaimana caranya saya bisa melihat dari jaringan luar /internet sesuai petunjuk, http:// ippublic:8080 padahal di instalasi ip camera edimax 3115w tidak ada kolom untuk ganti port ...Mohon kirim petunjuknya ke apambudi78@gmail.com. Thanks bangeeeet....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau ISPnya menggunakan apa ya? seharunys kalo menggunakan IC-3115W ga perlu opn port 8080. Anda cukup mengetikkan http://macaddresscamera.myedimax.com pada browser spt IE. nanti anda akan diminta menginstall java klo blm ada di windows. Saya akan jelaskan juga nanti lewat email.

      Delete
  4. salam, mas kalau ic-3030i bisa diakses lewat mac addressnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo IC-3030iWn dan IC-3030iPoE tidak bisa

      Delete

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam