Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 13 Januari 2013

Bagaimana Cara Mengetahui Default IP Address Modem atau Router

Sebenarnya hal ini merupakan teori dasar yang perlu diketahui ketika anda hendak melakukan pengaturan (konfigurasi) lebih lanjut perangkat modem atau router. Bagi setiap teknisi jaringan ini artikel ini bisa dibilang kurang bermanfaat, namun saya hanya ingin sharing bagi newbie (pemula) yang masih dalam tahap memahami dan belajar mengenai jaringan. 

Bagi pengguna XP
Ikutilah instruksi berikut ini :
1. Klik menu Start dan jalankan (pilih) perintah Run. Ketik cmd, lalu klik OK. seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini.


2. Setelah itu ketik ipconfig, lalu tekan tombol ENTER pada keyboard. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. ip address Default Gateway yang ditunjukkan pada gambar tersebut merupakan ip default dari perangkat modem/router. 



Bagi pengguna Windows 7
Ikutilah instruksi berikut ini :
1. Klik menu Start Ketik cmd pada kolom Search programs and files, lalu klik OK. seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini.

2. Setelah itu ketik ipconfig, lalu tekan tombol ENTER pada keyboard. Dan hasilnya akan terlihat ip address Default Gateway merupakan ip default dari perangkat modem/router. 

Seiring banyaknya merek (brand) modem atau router di pasaran apalagi dengan merek baru yang belum kita kenal. Saat anda sebagai seorang pemula dan hendak mencoba melakukan konfigurasi modem/router, tentunya anda harus mengetahui default ip address untuk dapat login dan masuk ke web interface perangkat tersebut. Berikut ini link (tautan) yang berisi informasi mengenai default ip address, username dan password dari berbagai merek (A-Z) dan tipe modem maupun router, klik disini.

Mengapa Anda Perlu Mengetahuinya ?
Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang perlu untuk mengetahui informasi tersebut, seperti :
- Ingin belajar menyeting perangkat modem/router dengan merek berbeda yang baru dibeli
- Perangkat modem/router direset karena ada gangguan teknis
- Ingin mengganti nama SSID dan password untuk hotspot wifi
- Menambahkan pengaturan tingkat lanjut ke modem/router, seperti : mac address filter, ddns, virtual server, URL blocking, port forwarding, dll.

Download Artikel

6 komentar:

  1. makasih atas kesediaanya membagi ilmu gratis.saya mulai sedikit mengerti .ini berguna karna saya mau belajar lebih lanjut seting ip kamera.karna keterangan anda ada hubunganya saya ingin tanya nih.
    saya tidak menggunakan router,langsung menggunakan modem usb,
    apakah cara ini berlaku untuk modem tanta router. maaf saya baru pemula .

    BalasHapus
  2. Tentunya tidak bisa mas meramir, karena di usb modem tidak ada fasilitas port forwarding. Dan anda dari operator hanya mendapatkan ip internal dan bukan ip publik

    BalasHapus
  3. boss numpang tanya,, oot ga yah,,, klo udah tau tu ip,, trus agar tau seri routernya gimana,, mau port forward nih...



    sukses wat agan

    BalasHapus
  4. permisi mau tanya kalo kita ada 2 alat yg dipasang yaitu modem (merk Dasan) dan Router RB, berarti default gateway tsb untuk modem atau router yah?
    kalo misal itu router, terus cara tau ip modem 1 lg itu gimana?
    sori newbie, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung client PC terhubung kemana, kalo ke modem berarti default gateway tsb utk modem. Jika client PC terhubung ke RB dan si RB tidak membuat routing ip address dengan segmen kelas yang baru berarti tetap default gateway tsb utk modem. Namun jika Jika client PC terhubung ke RB dan si RB diset routing baru untuk ip address dengan segmen dan subnet mask yang berbeda, maka default gateway tsb utk RB dan DNS servernya utk modem.

      Hapus
  5. makasih yah.. sangat membantu :)

    BalasHapus

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam

 

URL Link

Toko Baju Online