2/08/2013

Apa Defini dan Manfaat UPnP ?




Hampir semua perangkat periperal yang berhubungan dengan komputer dan jaringan memiliki fitur UPnP. Universal Plug and Play (UPnP) adalah suatu aturan protokol jaringan yang memungkinkan perangkat jaringan, seperti komputer pribadi, printer, Gateway Internet, Wi-Fi akses poin dan perangkat mobile agar mudah mengenali keberadaan satu dengan lainnya pada jaringan dan menmbangun layanan jaringan fungsional untuk berbagi data, komunikasi dan hiburan. UPnP ini ditujukan terutama untuk jaringan perumahan tanpa perangkat bertaraf perusahaan.¹

Teknologi UPnP dipromosikan oleh  Forum UPnP. Dibentuk pada Oktober 1999, UPnP Forum adalah membahas inisiatif industri dari lebih dari 2219 terkemuka perusahaan di komputasi, percetakan dan jaringan, konsumer elektronik, peralatan rumah tangga, otomatisasi, pengawasan dan keamanan, dan produk mobile.

Apa manfaat teknologi UPnP? 
  • Media and device independence. Teknologi UPnP dapat berjalan pada teknologi jaringan apapun termasuk Wi-Fi, coax, saluran telepon, power line, Ethernet dan 1394. 
  • Platform independence. Vendor dapat menggunakan sistem operasi dan bahasa pemrograman apapun untuk membangun  produk UPnP. 
  • Internet-based technologies. Teknologi UPnP dibangun di atas IP, TCP, UDP, HTTP. XML, dan lainnya.
  • UI Control. Arsitektur UPnP memungkinkan vendor mengontrol perangkat user interface dan interaksi menggunakan browser. 
  • Programmatic control. Arsitektur UPnP memungkinkan aplikasi konvensional program kontrol. 
  • Common base protocols. Vendor setuju pada aturan dasar protokol untuk tiap perangkat. 
  • Extendable. Setiap produk UPnP dapat memiliki layanan nilai tambah yang berlapis-lapis di atas dasar perangkat arsitektur oleh produsen individu. ²
Referensi : 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam