3/02/2013

Apa Yang Dimaksud Dengan RTSP dan Fungsinya ?



Real-time Streaming protokol (RTSP) adalah sebuah protokol kontrol  jaringan yang dirancang untuk digunakan dalam sistem hiburan dan komunikasi untuk mengontrol  streaming media server. Protokol yang digunakan untuk membangun dan mengendalikan sesi media antara titik akhir. Klien media server menerbitkan perintah  VCR seperti "play" dan "pause", untuk memfasilitasi kontrol pemutaran file media dari server secara real-time. 

Transmisi streaming data itu sendiri bukanlah tugas protokol RTSP. Kebanyakan RTSP server menggunakan Real-time Transport Protocol (RTP) dalam hubungannya dengan Real-time kontrol protokol (RTCP) untuk pengiriman stream media, namun beberapa vendor mengimplementasikan transport protokol dengan miliknya sendiri. Misalnya Server RTSP dari RealNetworks, juga memiliki fitur Real Data Transportasi (RDT) yaitu "RealNetworks". 

RTSP dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) dari Multiparty Multimedia Session Control Working Group (MMUSIC WG) dan diterbitkan sebagai RFC 2326 pada tahun 1998. RTSP menggunakan RTP dan RTCP yang memungkinkan tingkat adaptasi dalam pelaksanaannya. (sumber : Wikipedia)

Dalam implementasi network camera mungkin sudah banyak orang mengetahui mengenai RTSP, apalagi dengan adanya fitur kompresi video MPEG4, H.264 dan internal michrophone yang ada pada network camera seperti saat ini. Alasan orang menggunakan protokol ini yaitu dianggap lebih interaktif, karena para pengguna bisa melihat video disertai suara. 

Tipe network camera yang mendukung fungsi RTSP dan sudah dilengkapi dengan internal microphone yaitu IC-3030iWn, IC-3110W, IC-7010PTn, IC-7110W dan PT-31E. Untuk bisa mengakses network camera yang memanfaatkan protokol RTSP anda membutuhkan media player seperti VLC (open source). Default port RTSP pada network camera umumnya adalah 554. Dan hasilnya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Contoh Streaming RTSP IC-7010PTn menggunakan VLC player  

Contoh Streaming RTSP IR-113E menggunakan VLC player  
Adapun source path untuk protokol RTSP bergantung dari seri network camera dan jenis kompresi video yang anda gunakan. Infromasinya bisa anda lihat pada tabel di bawah ini.

Download Artikel
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam