Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Wednesday, 27 March 2013

Cara Setting Wireless Router Edimax Untuk Dihubungkan ke Modem First Media (FastNet)

Bagi anda yang belum mengetahui teknisnya, mungkin akan beranggapan router anda bermasalah atau rusak. Padahal anda baru saja membelinya dan hal tersebut bisa membuat anda jengkel atau mungkin bisa frustasi. Sebelumnya menjelaskan sedikit mengenai layanan internet First Media (Fastnet) dan perangkat modem apa yang umumnya diberikan ke pelanggan. 

First media awal berdiri 1994 dan berubah nama menjadi PT First Media Tbk pada tahun 2007. Sebagai salah satu ISP di Indonesia perusahaan ini menawarkan paket yang berbeda-beda sesuai budget dan kebutuhan downstream anda, lihat infonya di sini. Untuk modem umumnya pelanggan mendapatkan pinjaman modem seperti di bawah ini : 

Modem MOTOROLA SURFBOARD SB5101i  
Modem Scientific Atlanta
Modem CISCO 2100

Penyaluran koneksi internet dari server ke Distribution Hub menggunakan kabel fiber optik. Sedangkan dari  Distribution Hub ke pelanggan menggunakan kabel coaxial. Namun saya cuma akan memberi gambaran di sisi pelanggan batu umumnya seperti gambar di bawah ini.

Koneksi Antar Perangkat
Berdasarkan gambar di atas anda hanya bisa terhubung atau mengakses internet dengan perantara kabel UTP Cat5 (biasa orang menyebutnya dengan kabel LAN). Bagaimana jika anda ingin membuat jaringan wireless dengan menggunakan router yang dijadikan sebagai AP (Access Point) ? Ikutilah petunjuk dibawah ini :
1. Lepaskan koneksi kabel UTP Cat5 yang terhubung ke modem. Dan hubungkan kabel tersebut ke port LAN perangkat router Edimax. Lihat gambar di bawah.


2. Pastikan IP address Local Area Network anda telah disetting Obtain, baca panduannya disini
3. Lakukan akses ke router dengan menggunakan web browser (seperti : IE, mozilla, google chrome, opera dll). Ketik IP router (default : http://192.168.2.1) Edimax pada web browser address, baca panduannya disini.
4. Klik Menu General Setup > WAN > Dynamic IP > klik More Configuration.
Tampilan Menu Utama BR-6428nS

5. Klik tombol Clone MAC . Lalu klik tombol Apply.
Bila muncul halaman seperti ini, klik Continue untuk melakukan pengaturan lanjutan.

6. Setting Wireless, pengaturan ini dapat anda lakukan untuk merubah nama SSID,  merubah channel yang berbeda dengan channel wi-fi disekitar lingkungan anda agar tidak saling mengganggu satu dengan yang lainnya. Jika router wireless edimax anda masih baru, maka nama SSID-nya adalah default dan channel number yang digunakan adalah 11. Caranya Klik menu General Setup > Wireless > Basic Settings
Rubahlah sesuai dengan keinginan anda. Kemudian untuk menyimpan konfigurasi klik tombolApply.  
Klik CONTINUE untuk melakukan pengaturan yang lainnya.                                     

7. Lakukan pengaturan keamanan (Security) untuk koneksi ke wi-fi (wireless) anda. Klik menu General Setup > Wireless > Security Settings. 


Saya sarankan pilihlah metode encryption WPA pre-shared key agar lebih aman. Lalu pilih WPA2 Mixed dan isilah key (kode pengaman) pada kolom Pre-shared Key dengan kombansi huruf dan angka. 
Klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi.



Klik APPLY untuk me-restart router wireless anda. Tunggulah 1 menit hingga router selesai melakukan proses restart.


8. Padamkan power (tegangan) modem fastnet selama 5-10 detik.
9. Hubungkan port ethernet dari modem ke port WAN router Edimax router Edimax (berwarana biru) dengan menggunakan kabel UTP Cat5.
10. Hubungkan salah satu port LAN (1-4) ke PC dengan kabel ethernet (jaringan).
11. Nyalakan power (tegangan) modem, tunggu beberapa saat lampu LED indikator online pada modem fasnet menyala. Kemudian cobalah melakukan browsing.


Selamat mencoba, jika anda mengalami kendala silahkan tinggalkan komentar.

Download Artikel

4 comments:

  1. Makasih yach,..
    sangat membantu,..

    ReplyDelete
  2. kalau ditambah acces point lg gmn bro..?
    begini kasusnya, wifi di lantai 1 tidak tembus ke lantai 2, nah kita beli acces point diletakan di lantai 2 disambung dengan kabel utp ke lantai. settingnya gmn.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di kantor juga mengalami masalah serupa. Anda bisa beli router dan kabel data untuk ditempatkan di lantai 2, dan setelah itu setting router untuk lantai 2 harus dilakukan sendiri. Lepas dulu router di lantai 1, ganti dengan yang untuk lantai 2, router siap untuk diberikan SSID dan password. Setelah semua selesai, lepaskan kembali router untuk lantai 2. Kembalikan ke posisi semula, dan router siap digunakan untuk di lantai 2.

      Delete
  3. Team dari Tili mengucapkan terimakasih atas info yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam