Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 7 April 2013

Apa Pengertian dan Fungsi Konfigurasi Web (Web Config) ?


Web Config merupakan halaman berbentuk web yang fungsinya untuk meleluasakan pengguna melakukan pengaturan atau konfigurasi tanpa menggunakan CD Setup Wizard. Semua perangkat router, access point dan network camera sebenarnya memiliki konten web berekstensi .asp, css dan javascript. Sama halnya dengan website pada umumnya, namun konten yang terdapat dirouter bersifat statik. Artinya kita diberikan source untuk mengedit isi halaman maupun mengganti script yang ada di dalamnya. 

Pengaturan atau konfigurasi dengan berbasis web (Web Config) yang tersedia di router sebagai contoh, kita hanya melakukan penambahan maupun mengubah beberapa parameter seperti :
- Parameter WAN untuk mengatur sumber Internet
- Parameter LAN untuk mengatur jaringan lokal
- Parameter SSID/ESSID untuk mengatur nama wi-fi
- Parameter Wireless (Enskripsi) untuk mengatur password wi-fi
- Paramater Security Setting untuk mengatur password login ke router
dan lain-lain.


Adanya konten web pada router bertujuan untuk memudahkan pengaturan tanpa CD Setup Wizard, walaupun orang awam banyak yang menganggap dan bertanya "Ini kalau mau setting router harus masukin CD driver ya?". Sebenarnya CD Setup Wizard pun dibuat untuk mempermudah orang melakukan konfigurasi tanpa masuk ke dalam Web Config. Namun jika anda tidak memiliki CD Setup Wizard atau sudah hilang. Maka Web Config adalah alternatif terakhir. Syarat utama agar anda bisa melakukan pengaturan melalui halaman Web Config yaitu anda harus mengetahui username dan password router, router, access point dan network camera yang anda ingin customize.

Contoh Halaman Web Config


0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam