3/31/2012

7 Port Scanner Online Yang Bermanfaat

source : internet
Banyak orang bertanya apa sebenarnya fungsi Port Scanner dan apa manfaatnya bagi kita? Sebenarnya fungsi utama port scanner yaitu untuk mengetahui atau menyelidiki port yang terbuka (open) disebuah server atau host. Penyelidikan tersebut umumnya dilakukan oleh praktisi IT sebagai administrator untuk mempermudah mereka mengetahui banyaknya port yang telah digunakan serta aplikasinya. Manfaat port scanner adalah dengan melakukan port scanner si admin tidak akan melakukan kesalahan saat membuka sebuah port baru untuk aplikasi atau service tertentu. Karena intinya 1 port yang terbuka hanya bisa digunakan untuk menjalankan satu aplikasi atau service.



Perancangan dan pengoperasian Internet didasarkan pada Internet Protocol Suite, sering juga disebut TCP/IP. Dalam sistem ini, host dan layanan host direferensikan menggunakan dua komponen yaitu alamat dan nomor port. Ada 65536 port yang berbeda dan bermanfaat. Beberapa port scanner menyelidiki hanya port yang paling umum atau yang paling lazim digunakan oleh layanan host tertentu. Untuk mengetahui daftar port TCP dan UDP, klik di sini

Saya sengaja sharing materi ini untuk mempermudah para teknisi ip kamera. Sehingga dalam menyelidiki status port mana yang masih tertutup dan dapat digunakan sebagai acuan melakukan port forwarding agar kamera dapat dilihat melalui internet. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan port scanner online, diantaranya ada yang memudahkan kita untuk menyelidiki sejumlah port tertentu. Contoh : saya ingin menyelidiki port 80-1000 dan ingin mengetahui port mana yang terbuka (open) dan yang tertutup (closed), dengan demikian hal ini tidak menyulitkan kita untuk mengecek satu per satu.

Berikut ini daftar beberapa situs penyedia layanan port scanner :
1. http://ports.my-addr.com



2. http://www.t1shopper.com


3. http://www.canyouseeme.org


4. http://www.yougetsignal.com
 

5. http://www.subnetonline.com


6. http://www.webtoolhub.com


7. http://ping.eu





Previous Post
Next Post

1 comment:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam