Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, 3 December 2011

Mengenal Klasifikasi Jaringan Berdasarkan Geografis (Area)

Kita telah mengetahui bahwa sekumpulan atau serangkaian komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya akan membentuk sebuah jaringan. Adapun pengelompokan (klasifikasinya) berdasarkan jarak area maupun geografisnya, maka terbagi menjadi :

1. Jaringan Area Lokal disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus,gedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10 atau 100 Mbit/s.Tipe jaringan ini dapat dibangun untuk wilayah yang mencakup jangkauan hingga beberapa kilometer. 
LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan. 

Gambar Topologi LAN Sederhana

2. Jaringan Area Metropolis disingkat MAN pada dasarnya mengacu dan menggunakan teknologi yang hampir sama dengan jaringan LAN , namun area cakupannya lebih besar hingga pulahan sampai ratusan kilo meter (10-50Km). Jaringan ini membutuhkan transfer data berkecepatan tinggi (teknologi High-Capacity Backbone seperti fiber optic) untuk  membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota dengan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Seperti yang dijelaskan pada standar IEEE 802-2002, bahwa "MAN dioptimalkan untuk area geografis yang lebih besar dari LAN , mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi moderat ke kecepatan data berkecepatan tinggi. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh sebuah organisasi pribadi, tapi biasanya digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Mereka sering menyediakan sarana untuk internetworking dari jaringan lokal."


Gambar Metropolis Area Network 


3. Jaringan Area Luas disingkat WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Wilayahnya mencakup geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua (dengan jangkaun 100-1000Km).  X.25 adalah sebuah protokol WAN yang paling awal dan penting, sering dianggap sebagai "kakek" Frame Relay karena banyak protokol dan fungsi yang mendasari X.25 yang masih digunakan sampai sekarang (dengan upgrade) Frame Relay. Tingkat transmisi biasanya berkisar dari 1200 bit/s sampai 24 Mbit/s, meskipun beberapa koneksi seperti Leased line ATM dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 156 Mbit/s. Hubungan komunikasi yang biasa digunakan dalam WAN yaitu saluran telepon, microwave link & saluran satelit.


Gambar Wide Area Network

1 comments:

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam