Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, 25 March 2012

Tips Aman Saat Menggunakan Komputer Publik Menurut Microsoft

source : internet
Saat anda menggunakan komputer publik (umum) di perpustakaan, warnet, kafe, bandara, dan kantor akan lebih aman jika anda mengikuti beberapa aturan sederhana berikut.

Baca tips ini, untuk membantu menjaga kerahasiaan pekerjaan, info pribadi, atau informasi keuangan anda. Karena tanpa kita sadari bisa saja akun data kita terlacak atau bahkan masuk perangkap hacker yang dengan toolsnya menyebar ranjau keyloger.




1. Jangan simpan informasi logon
Selalu log out dari situs web dengan mengklik "logout" saat meninggalkan situs tersebut. Sebenarnya  anda tidak boleh sekedar menutup jendela browser atau langsung mengetik alamat lain setelah hendak meninggalkan sebuah situs.
Banyak program (terutama website jaringan sosial, web mail, dan program-program instant messenger) menggunakan fitur login otomatis yang tanpa anda sadari hal tersebut akan menyimpan nama pengguna dan sandi anda. Jangan lupa menonaktifkan opsi ini sehingga tidak ada yang dapat log in menggunakan akun anda.

2. Jangan meninggalkan komputer tanpa pengawasan jika masih terdapat informasi penting pada layar
Jika anda ingin hendak meninggalkan komputer, cobalah menutup semua program dan tutup semua layar windows yang mungkin menampilkan informasi penting (sensitif).

3. Menghapus jejak anda
Internet Explorer menawarkan InPrivate browsing yang tidak akan meninggalkan jejak kegiatan web tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, lihat fitur Internet Explorer 9 : InPrivate Browsing.
Internet Explorer juga menyimpan catatan dari password dan setiap halaman yang anda kunjungi, bahkan setelah anda menutup dan melakukan log out.


Nonaktifkan fitur pengingat password tersebut.
Sebelum anda pergi ke web, nonaktifkan fitur Internet Explorer yang "mengingatkan" password Anda.
- Di Internet Explorer, klik ikon Tools  atau dengan menekan tombol Alt + x pada keyboard,  kemudian pilih Internet Options.


- Klik Content tab, dan kemudian klik Settings disebelah AutoComplete.

- Klik kotak/memberi centang pada User names and passwords on forms. kemudian klik OK



















Menghapus berkas Internet sementara dan Riwayat
Ketika anda selesai menggunakan komputer tersebut, anda dapat membantu melindungi informasi pribadi anda dengan menghapus berkas Internet sementara. Untuk informasi tentang cara menghapus berkas lihat gambar berikut.



4. Waspadalah orang disekitar anda
Bila anda menggunakan komputer umum, perhatikan orang yang melintas atau berdekatan dengan anda yang bisa saja melihat atau memperhatikan aktifitas anda saat memasukkan password atau  sedang merangkum informasi pribadi.

5. Jangan memasukkan atau menyimpan informasi pribadi di komputer publik (umum)
Langkah-langkah ini memberikan perlindungan (menghindari) terhadap prilaku hacker yang menggunakan komputer publik setelah anda. Namun perlu diingat bahwa penyadap (pencuri data) bisa saja telah menginstal perangkat lunak yang canggih di komputer publik yang mencatat setiap aktifitas anda (biasanya menggunakan program seperti keyloger) dan kemudian informasi tersebut dikirim melalui email ke penyadap (pencuri data) tersebut.
Maka bukan masalah jika anda tidak menyimpan informasi atau telah menghapus jejak anda. Bagi mereka penyadap (pencuri data) masih bisa mencuri akses ke informasi tersebut.
Jika anda benar-benar ingin aman, hindari melalukan aktifitas internet banking, mengecek email perusahaan, atau informasi penting lainnya di komputer publik.


0 comments:

Post a Comment

Tidak menerima komentar yang berhubungan dengan SARA dan Spam